atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Hewan Ini Jadi Inspirasi Desain Pesawat Terbang

By Atjehcyber.net on 1/16/2014 | 00.10


CALIFORNIA - Ilmuwan di Amerika Serikat terinspirasi dari ubur-ubur untuk menciptakan pesawat terbang baru. Untuk pertama kalinya di dunia, purwarupa mini pesawat terbang ubur-ubur (jellyfish) ini dikembangkan.

Dilansir Japantoday, Rabu (15/1/2014), berbentuk kecil dan ringan, pesawat terbang sekaligus robot mini ini memiliki berat 2,1 gram. Penciptanya mengatakan, robot yang dapat terbang ini dibuat dengan buatan tangan dan bisa bergerak seperti gerakan ubur-ubur ketika berada di air.

"Kami tertarik dalam membuat robot serangga yang bisa menjadi alternatif helikopter," ungkap Leif Ristroph, yang bekerja bersama Stephen Childress di New York University.

Ilmuwan tertarik dengan ubur-ubur karena gerakannya ketika di air memerlukan otot sederhana dan tanpa perlu kekuatan otak. Ubur-ubur sungguhan dikatakan menggunakan sistem saraf primitif.

Ubur-ubur juga dikagumi oleh ilmuwan karena memiliki 'rok transparan' yang menyerupai lonceng. Saat terbuka kemudian menutup, bagian tubuh ubur-ubur tersebut mendorong air keluar dari lubang kecil untuk bergerak.

Pesawat terbang yang diciptakan ini didesain memiliki empat sayap kelopak, yang masing-masing memiliki panjang delapan centimeter. Keempat sayap ini bisa digerakan secara bersamaan.

Sebuah motor kecil yang ditempatkan pada robot mini ini bisa menggerakan sayap dalam waktu 20 kali per detik. Sehingga, dorongan yang cepat dan kuat memaksa keluar udara melalui bagian bawah robot yang membuatnya dapat terbang.

Hasilnya ialah 'ornithopter', yang berarti mesin terbang yang melayang dengan stabilitas yang baik dan tanpa mengeluarkan energi berlebih.

Ilmuwan mengatakan, penyempurnaan pesawat terbang ubur-ubur ini bisa digunakan untuk bidang militer sebagai kendaraan tanpa awak untuk pengintaian. Selain itu, robot ini juga bisa digunakan untuk memonitor polusi udara. (*okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox