atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ilmuwan Kembangkan Anti Nyamuk Lebih Efektif

By Atjehcyber.net on 1/12/2014 | 01.30


California - Para ilmuwan di AS tengah bekerja keras membuat obat nyamuk yang lebih efektif dan murah. Obat nyamuk ini untuk melawan berbagai penyakit seperti malaria.

WHO memperkirakan, hampir 630 ribu orang meninggal dunia karena terkait malaria pada 2012, sebagian besar di Afrika Sub-Sahara.

Riset di University of California itu berdasarkan fakta bahwa nyamuk-nyamuk menggunakan reseptor atau penerima yang sama untuk mendeteksi karbon dioksida dalam nafas kita saat membaui kulit manusia saat mendekat.

Anandasankar Ray mengatakan, “Ketika kita tempelkan etil piruvat ke tangan manusia dan mendekatkannya pada nyamuk-nyamuk di kandang, hanya sedikit sekali nyamuk yang tertarik mendekat karena hanya sedikit dari mereka yang dapat menciumnya," ujar Ray seperti dilansir VOA News.

Genevieve Tauxe, salah satu anggota tim peneliti, mengatakan bahwa menemukan syaraf-syaraf nyamuk yang mendeteksi bau nafas dan kulit manusia tidak mudah.

“Dengan instrumen ini, kita dapat memasukkan elektroda yang sangat kecil ke dalam bagian hidung nyamuk secara efektif, tempat syaraf-syaraf tersebut berada dan di mana penciuman terjadi," ujar Tauxe.

Dengan rangkaian instrumen tersebut, para ilmuwan dapat mendeteksi berbagai sinyal yang dikirimkan syaraf nyamuk ke otak ketika mereka mencium bau menarik.

Ray mengatakan, obat nyamuk dengan basis etil piruvat dapat lebih murah diproduksi dibandingkan DEET, bahan kimia paling efektif yang sekarang digunakan. Ia mengatakan bahan ini terlalu mahal untuk sebagian besar masyarakat di berbagai daerah yang terdampak malaria. (*inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox