atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Ini Dia Hacker Licin Asal Indonesia

By Atjehcyber.net on 1/09/2014 | 08.30


'Harison' (21), menggunakan nama samaran Chmod755 dan Setan Dari Surga (21) ternyata tak hanya meretas situs Dewan Kehormatan Penyelanggara Pemilu (DKPP) yang beralamat di www.dkpp.go.id, melainkan 169 situs lain di berbagai negara. Demikian diungkapkan Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri Brigjen Pol Arief Sulistyanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (8/1/2014).

"Keterangan pelaku ternyata setidak-setidaknya dia sudah meretas dengan cara mendeface (mengubah tampilan) 169 situs baik pemerintah maupun swasta," kata Arief.

Situs dalam negeri yang pernah diretas Harison, antara lain milik Dinas Pendapatan Daerah Kota Kendari, Bappeda Mamuju, BPBD Mamuju, dan universitas di Padang.

"Perlu disampaikan kepada warga masyarakat mungkin banyak situs yang dimiliki baik secara pribadi, institusi ataupun perorangan, dinas-dinas pemerintahan yang bisa diakses oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab ini. Yang perlu disampaikan adalah akses secara ilegal, itu pelanggaran pidana," kata Arief.

Polisi tentu mudah saja mencokok Harison karena Harison sendiri mencantumkan alamat email dan nomor ponselnya.

Harison adalah pria kelahiran Muara Mais, 14 Januari 1992. Ia ditangkap pada Selasa (7/1/2014) sekitar pukul 20.00 WIB di Warnet 'Delta Net', Jalan Mayor Ruslan III, Lahat, Sumatera Selatan.

Pria yang hanya lulus SMA tersebut bekerja sebagai penjaga warnet Delta Net milik saudaranya.

Harison menulis sesuatu di salah satu halaman blognya. "NOTE: "Jangan pernah menyebut diri anda sebagai Hacker, Sebelum anda mengetahui apa arti dari Hacker sendiri," tulisnya.

Polisi telah mengamankan barang bukti berupa satu unit PC komputer, satu buah handphone milik pelaku dengan dua simcard, satu buah account email chmodrwxrwx@yahoo.co.I'd berikut print outnya, serta satu account Facebook dengan nama Setan Dari Surga. (*/wk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox