atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Jantung dan Hati Bisa Jadi Sumber Tenaga Smartphone

By Atjehcyber.net on 1/25/2014 | 09.30


Saat ini, secara keseluruhan, perangkat mobile menggunakan tenaga baterai untuk tenaganya. Ada pula percobaan untuk menggunakan tenaga air kencing sebagai pengganti tenaga baterai. Kali ini terobosan baru kembali muncul.

Terobosan yang dimaksud adalah para peneliti gabungan dari Amerika Serikat dan China sedang mengujicobakan untuk mengganti ketergantungan akan baterai sebagai tenaga untuk smartphone dan sejenisnya.

Dalam uji coba dan pengembangan itu, para peneliti tidak lagi menggunakan bahan kimia atau lainnya untuk membuat tenaga yang digunakan perangkat mobile melainkan dari tubuh manusia sendiri.

Daily Mail melansir (23/01), para peneliti mencoba membuat organ-organ di dalam tubuh manusia seperti jantung, paru-paru dan diafragma, sebagai energi bagi perangkat mobile.

Cara kerja untuk menjadikan organ sebagai sumber energi tersebut adalah dengan menempatkan plastik kecil dengan komponen piezoelectric yang terdiri dari lead zirconate titanate nanoribbons yang ditanamkan di organ. Terdapat pula rectifier yang terintegrasi untuk mengubah sinyal listrik di dalam plat plastik tersebut.

Selama ini, para peneliti telah mengujicobakannya ke jantung seekor sapi dan berhasil. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox