atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Jepang Uji Coba Teknologi 8K

By Atjehcyber.net on 1/27/2014 | 07.30


Tokyo - Saat dunia menyambut kehadiran display beresolusi 4K, ternyata Jepang selangkah lebih maju dengan melakukan uji coba teknologi beresolusi 8K. Seperti apa?

Stasiun televisi nasional Jepang NHK, baru saja melakukan uji coba sebuah siaran video dengan resolusi 8K atau 7.680 x 4.320 piksel.

Dalam uji coba siarannya itu, NHK mengirim sinyal Super Hi-Vision tanpa kompresi ke receiver yang berjarak 27 kilometer menggunakan saluran TV UHF TV.

“Kesuksesan dari eksperimen ini adalah sebuah langkah besar ke depan untuk merealisasikan siaran 8K Super Hi-Vision,” ujar Tomohiro Saito, peneliti di NHK Labs.

Ubergizmo melansir, resolusi 7.680 x 4.320 piksel yang diusung teknologi 8K ini setara lima lusin foto berkekuatan 32 megapiksel yang dikirim tiap detik.

Jika dibandingkan, 8K yang mereka sebut Super Hi-Vision itu, menawarkan ketajaman 16 kali lipat lebih tinggi dari resolusi Full-HD, atau empat kali lipat dari teknologi 4K Ultra-HD.

Menanggapi keberhasilan NHK, analis dari Macquarie Securities Tokyo, Damian Thong, mengemukakan pendapatnya. Menurutnya, peralihan dari 4K ke 8K akan memakan biaya besar bagi para penyedia konten.

“Migrasi 4K masih akan berjalan hingga dekade berikutnya. Karena itu, teknologi 8K tidak akan menjadi mainstream, kemungkinan hingga tahun 2030,” ujar Thong. (*/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox