atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Karena Teknologi, 8 Profesi Ini Akan Hilang!

By Atjehcyber.net on 1/28/2014 | 11.30


Sebuah prediksi yang dilakukan oleh The Economist menyebutkan bahwa pada 2034 ada sekitar separuh populasi orang di dunia kehilangan pekerjaannya. Hal ini akibat makin berkembangnya peran robot.

Robot nantinya akan menggantikan manusia. Sehingga, beberapa pekerjaan yang beresiko atau lambat dikerjakan manusia bisa digantikan dengan kinerja alat yang dikendalikan oleh komputer.

"Bagi pekerja yang ingin bertahan harus memiliki keterampilan sosial dan kreativitas," sebut salah satu studi dari Oxford Martin School.

Lantas, siapa saja yang akan jadi pengangguran akibat robot? Simak ulasannya berikut seperti yang diulas Mashable (26/1).

1. Teller bank 
Di masa mendatang, semua kegiatan perbankan akan digantikan oleh mesin ATM. Sehingga, mereka yang bekerja sebagai teller pun harus siap gigit jari karena nasabah tak lagi membutuhkan mereka.

Saat ini sudah ada ATM yang melayani berbagai macam transaksi nasabah. Mulai dari menabung, tarik tunai, hingga transfer bisa dilakukan lewat ATM.

Di masa mendatang, ATM pun bisa digunakan untuk mengajukan pinjaman. Hal ini yang sedang dicoba oleh Citibank di Asia.

2. Kasir 
Istilah swalayan akan benar-benar swalayan di masa mendatang. Artinya, orang yang belanja di sini akan mengambil dan membayar barang yang dibelinya secara langsung tanpa harus melewati meja kasir.

Pelanggan bisa langsung melakukan input barcode benda yang dibelinya lewat sebuah alat dan membayarnya dengan kartu debit atau kredit. Hal ini sudah dilakukan di beberapa supermarket besar di dunia.

3. Resepsionis 
Pekerjaan menyambut tamu pun nanti juga akan digantikan oleh mesin virtual. Sehingga, jangan kaget jika ke sebuah gedung Anda langsung disambut robot atau gambar hologram.

Di Jepang, peneliti telah menciptakan robot yang bisa melakukan pekerjaan ini. Sementara Davinci Live Receptionist juga telah dibuat untuk menghadirkan solusi resepsionis virtual.

4. Operator telepon 
Di masa mendatang, hal ini juga akan dilakukan robot. Hanya perlu sentuh beberapa tombol di ponsel saja maka kita bisa menelepon layanan pelanggan atau menghubungi seorang petinggi suatu institusi.

5. Tukang pos 
Pekerjaan satu ini mungkin sudah hampir punah. Pasalnya, surat tak lagi jadi satu-satunya sarana untuk berkomunikasi bagi orang kebanyakan.

Dengan makin mudahnya akses internet dan tarif telekomunikasi, surat pun ditinggalkan. Orang-orang lebih memilih menggunakan layanan chatting atau jejaring sosial untuk berkomunikasi sehingga para tukang pos sekarang jadi tak punya banyak pekerjaan.

6. Agen perjalanan 
Dulu, untuk memesan tiket perjalanan terutama pesawat, kita harus melakukannya lewat agen travel agar mudah. Namun, kini banyak layanan mandiri yang bisa diakses untuk melakukan hal itu.

Expedia dan Orbitz misalnya, sudah menyediakan aplikasi booking tiket untuk membantu perjalanan kita. Di Indonesia juga ada berbagai startup seperti tiket.com yang menyediakan berbagai macam tiket dengan harga bersaing.

7. Juru ketik 
Teknologi 'text-to-speech' yang mampu mengubah suara menjadi ketikan kinipun sudah hadir, sehingga seorang CEO rasanya tak butuh lagi jasa juru ketik.

Teknologi ini pun akan makin sempurna di masa mendatang.

8. Jurnalis koran
Tren menunjukkan bahwa orang makin mudah mengakses internet. Dalam hal berita, orang pun mulai menyasar ke media online ketimbang media konvensional seperti koran.

Hasilnya, di masa mendatang koran akan susut jumlah pembacanya. Apalagi, mulai banyak aplikasi yang menawarkan berita-berita up-to-date tiap detiknya. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox