atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Korsel Siapkan Jaringan 5G

By Atjehcyber.net on 1/26/2014 | 08.00


SEOUL – Saat Indonesia belum juga menggelar jaringan 4G Long Term Evolution (LTE) secara komersial, Korea Selatan (Korsel) memiliki rencana yang lebih maju. Kementerian Teknologi Informasi Negeri Ginseng akan melakukan pengembangan teknologi jaringan 5G yang ditargetkan rampung pada 2020.

The Next Web, Sabtu (25/1/2014), mengutip laporan kantor berita Yonhap News, menyatakan Korsel menyiapkan dana sebesar USD1,5 miliar atau setara Rp18,2 triliun dan bekerja sama dengan sejumlah perusahaan lokal guna merealisasikan rencana tersebut.

Jaringan 5G diprediksi seribu kali lebih cepat dibandingkan jaringan LTE yang ada saat ini. Artinya, pengguna internet bisa mengunduh film 800 MB hanya dalam satu detik.

Sebagai perbandingan, layanan LTE-Advanced yang diluncurkan perusahaan telekomunikasi SK Telecom dan LG Uplus pada akhir tahun lalu, secara teoritis membutuhkan waktu 40 detik untuk mengunduh film dengan ukuran yang sama.

The Guardian mencatat, Pemerintah Korsel ingin mengomersialkan jaringan 5G pada akhir 2020, melalui kerjasama dengan operator mobile dan manufaktur smartphone, termasuk LG dan Samsung. Namun, jaringan 5G ini akan diuji pada layanan jejaring sosial di awal tahun depan. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox