atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Lem Super Ini Sembuhkan Kebocoran Jantung

By Atjehcyber.net on 1/15/2014 | 20.00


Massachusetts - Kebocoran di jantung kini bisa diobati dengan penemuan para ilmuwan berupa superglue atau lem super. Bagaimana cara memakainya?

Jika ada bayi atau pasien yang mengalami kebocoran jantung, dokter harus bertindak cepat untuk mengobatinya.

Perekat bedah yang ada saat ini seperti teknik jahitan, memiliki sejumlah kelemahan, diantaranya bisa menjadi racun, dan bisa berubah posisi jika basah. Akibatnya, pasien harus kembali dioperasi untuk menambal lubang tersebut.

Namun kini para ilmuwan menemukan HLAA (Hydrophobic Light-Activated Adhesive, atau lem super untuk memperbaiki kebocoran jantung, serta cacat pada organ dan bagian tubuh lainnya.

Lem super ini terinspirasi dari cairan lengket dan kental tetapi antiair, yang dikeluarkan oleh binatang seperti siput. Lem super ini dikembangkan Boston Children Hospital dan MIT(Massachusetts Institute of Technology) dan sejumlah lembaga lainnya, demikian dilansir Gizmag.

HLAA bersifat biocompatible, biodegradable, dan memiliki elastisitas konsisten. Perpaduan kualitas ini mengartikan kekuatannya tidak akan terpengaruh oleh darah, kontraksi otot jantung, dan akan menghilang secara alami ketika kebocorannya telah tertutup atau bisa dikatakan sembuh.

Lem super ini dapat merekat sangat cepat, hanya membutuhkan waktu lima detik saja dengan bantuan sinar UV.

HLAA kini sedang dikembangkan secara komersil oleh perusahaan biomedis yang berbasis di Paris, dan diharapkan dapat dipasarkan dalam kurun waktu dua atau tiga tahun lagi. (*inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox