atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Mereka Putus Sekolah, Mereka Yang Berhasil!

By Atjehcyber.net on 1/08/2014 | 19.21


SECARA logika, pelajaran yang didapatkan dari sekolah menjadi 'tulang punggung' masa depan seseorang. Namun, ada beberapa orang yang ternyata sukses walaupun mereka harus putus sekolah.

Ilmu, pendidikan dan pengalaman adalah hal-hal yang sangat berharga dalam hidup dan tidak jarang orang berlomba-lomba untuk mendapatkannya.

Namun, tidak sedikit orang yang ternyata sukses dan terkenal walaupun mereka tidak dapat melanjutkan sisi pendidikan formalnya dengan berbagai alasan.

Akan tetapi, perlu diingatkan bahwa hal ini bukan berarti pendidikan atau sekolah adalah tidak penting namun pesan moral yang terkandung adalah apabila Anda berhenti untuk berusaha dan mencoba maka berhenti pulalah segalanya.

Berikut orang-orang yang putus sekolah atau tidak melanjutkan pendidikannya namun berhasil meraih kesuksesan dan terkenal.


1. George Eastman
George Eastman adalah seorang pencipta Kodak Camera Company. Dia dipaksa untuk putus sekolah karena masalah keuangan. Ketika menginjak usia 14 tahun, ayahnya meninggal dunia dan Eastman harus menafkahi 2 orang saudarinya dan ibunya.

Pada saat dia berumur 26 tahun, Eastman mencoba mengembangkan proses emulsi yang digunakan dalam fotografi. Dalam jangka waktu 3 tahun, Eastman berhasil membuat piringan emulsi kering dan mencoba bisnis fotografinya sendiri pada tahun 1880 dan sukses.

2. Thomas Alva Edison
Thomas Alva Edison mungkin dapat dikatakan sebagai seorang terkenal dengan produktivitas inovasinya. Lebih dari 1000 paten inovasi teknologi tertera atas nama dirinya.

Namun, Edison tidak pernah mengenyam pendidikan formal dan normal sampai selesai karena masalah penyakit yang dideritanya. Bahkan pada saat di awal sekolah, sebelum dia akhirnya putus sekolah, gurunya pernah menyebut Edison dengan panggilan 'si busuk yang bodoh'.

Dia hanya bertahan selama 3 bulan saja di pendidikan formal dan kemudian ibunya memberikan pendidikan secara privat kepada Edison.

3. Bill Gates
Bill Gates adalah salah satu dari pendiri perusahaan raksasa yang sekarang masih berdiri kokoh yaitu Microsoft. Gates tercatat sebagai salah satu dari orang terkaya di muka bumi ini.

Namun untuk sisi pendidikannya, Bill ternyata harus dikeluarkan dari sekolah pada masa kecilnya. Dikeluarkannya dari sekolah tidak membuat Bill patah arang, dia dan temannya bernama Paul Allen mendirikan sebuah perusahaan bernama 'Micro Soft' dan akhirnya berganti dengan nama Microsoft.

4. Albert Einstein
Seperti halnya Thomas A. Edison, Einstein juga merupakan orang terkenal karena inovasi dan pemikirannya yang spektakuler. Bahkan dia pernah memenangkan Nobel Fisika karena teori relativitasnya serta kontribusinya akan teori kuantum.

Pada usianya yang ke-15 tahun, Einstein harus dikeluarkan dari sekolah. Dia melanjutkan pendidikannya setahun kemudian. Ketika dia masuk ke Swiss Federal Institute of Technology, dia kembali gagal.

5. Michael Dell
Michael Dell harus keluar dari perkuliahannya pada umur 19 tahun. Dengan kegagalan tersrbut, Dell tidak berhenti untuk berusaha atau menyerah.

Dia memulai mengembangkan dan membuat suatu perangkat elektronik dan mendirikan perusahaan bernama Dell Computer Inc. Dari masa ke masa, Dell Computer Inc menjadi salah satu perusahaan paling bonafit di dunia.

6. Steve Jobs
Sahabat sekaligus rival dari pendiri Microsoft, Bill Gates, ini juga termasuk salah seorang yang masa mudanya mengalami beberapa kali kegagalan.

Sebelum mendirikan Apple Inc dan Pixar, Steve memutuskan untuk tidak melanjutkan masa pendidikannya di 'Reed College' untuk memulai bisnisnya yang sekarang menjadi salah satu perusahaan terpandang di dunia itu.

7. Mark Zuckerberg
Boleh dikatakan bahwa Mark Zuckerberg adalah salah seorang miliuner termuda di dunia. Dia dikeluarkan dari 'Harvard' karena masalah situs jejaring sosial yang dia buat - Facebook- serta ulahnya mencuri data di kampusnya itu.

Walaupun harus dikeluarkan dari Harvard, Zuckerberg ternyata berhasil membuktikan bahwa dia bukanlah seorang yang gagal dan kini hasil jerih payahnya menjadi nomor satu di dunia dalam ekosistem jejaring sosial. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox