atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Mesin Roket Baru Super Cepat

By Atjehcyber.net on 1/15/2014 | 17.10


CALIFORNIA - Teknologi terbaru memungkinkan mesin roket untuk bisa mendorong pesawat luar angkasa di kecepatan 25 Mach atau setara 30 ribu kilometer per jam. Roket ini bisa diluncurkan untuk menjelajah atmosfer Bumi dan penggunaan untuk misi luar angkasa.

Dilansir Softpedia, Senin (13/1/2014), sebuah kelas motor baru dinamakan Synergetic Air-Breathing Rocket Engine (SABRE). Teknologi ini diklaim bisa menurunkan biaya pada misi eksplorasi luar angkasa.

Generasi baru mesin SABRE bisa berfungsi sebagai jets dan motor roket. Dikembangkan oleh Reaction Engines Ltd, mesin yang bisa ditempatkan pada pesawat terbang ini bisa melaju dengan kecepatan Mach 5.

Pada pesawat luar angkasa, mesin ini bisa memproduksi kecepatan hingga Mach 25 atau 18.641 mil per jam. Salah satu kecanggihan mesin ini ialah kemampuan menukar panas serta teknologi canggih untuk mencegah beku.

Menurut Reaction Engines Ltd, mesin SABRE ini bisa mendinginkan udara dari 1.000 derajat Celcius menjadi minus 150 derajat Celcius dalam waktu singkat. Alat penukar panas atau heat exchangers ini memiliki berat 100 kali lipat lebih ringan dari perangkat serupa yang ada saat ini. (*okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox