atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Misteri Batu di Mars yang Muncul Tiba-Tiba

By Atjehcyber.net on 1/20/2014 | 17.00


CALIFORNIA - Planet Mars memang memiliki berbagai mister dan dipenuhi dengan tanda tanya. Adanya bongkahan es, jejak kehidupan di masa lalu, sumber air, dan yang terbaru adalah batu yang tiba-tiba muncul dalam sebuah foto.

Beberapa foto yang baru saja diambil oleh kendaraan penjelajah Mars (MER) bernama Opportunity mengungkapkan misteri baru dari planet berwarna merah sang tetangga Bumi. Foto menunjukkan sebuah batu berukuran sedang yang tiba-tiba muncul di sebelah kanan Opportunity.

Robot penjelajah Mars tersebut dikendalikan oleh tim NASA Jet Propulsion Laboratory (JPL) di Pasadena, California. Opportunity memotret sebuah lanskap dengan Panoramic Camera (PanCam) di sebidang daratan pada sol 3540.

Dan sekira 12 hari kemudian, pada sol 3528, Opportunity kembali ke wilayah tersebut dan memotret dalam posisi yang sama. Mengejutkannya, ada sebuah batu yang tiba-tiba muncul. Padahal sebelumnya batu tersebut tidak ada. Untuk diketahui sol adalah ukuran untuk menghitung hari di Mars. Satu hari di Mars lebih cepat 40 menit dari satu hari di Bumi.

Tim JPL serta merta terkejut dengan kehadiran batu misterius yang tiba-tiba muncul. Pasalnya, tim JPL tak pernah sekalipun menemukan kejadian demikian selama 10 tahun meneliti planet Mars dengan Opportunity.

"Ukurannya seperti sebuah donat. Itu sungguh mengagetkan, pada saat itu kami berkata 'tunggu sebentar, batu itu tak ada di sana sebelumnya, itu tak mungkin. Ya Tuhan, batu itu tak ada di sana sebelumnya!', dan kami semua sangat terkejut," kata peneliti Steve Squyers seperti dilansir Softpedia, Senin (20/1/2014).

Menurut peneliti dari JPL, ada dua kemungkinan yang menyebabkan kehadiran batu misterius tersebut secara tiba-tiba. Yang pertama adalah batu tersebut ada karena terpental oleh roda besi Opportunity saat kendaraan penjelajah itu berjalan. Namun anehnya, yang berpindah hanya batu itu saja, tanpa adanya pergeseran batu lain yang diakibatkan oleh Opportunity.

Kemungkinan ke dua, batu tersebut bersumber dari pecahan meteor yang melintas di sekitar planet Mars. Meteor tersebut terbakar dan kemudian serpihannya jatuh ke permukaan planet Mars. Untuk alasan yang satu ini, belum diketahui apakah ada benda angkasa yang melintas pada saat sol 3528 hingga sol 3540 di Mars. Atau, apakah batu ini berpindah karena adanya campur tangan makhluk lain yang menandakan adanya kehidupan di Mars? (*okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox