atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Pentagon Kembangkan Teknologi Menghilang

By Atjehcyber.net on 1/11/2014 | 01.40


Virginia - Apa jadinya jika tiba-tiba smartphone, konsol game, dan alat elektronik lainnya di rumah menghilang tanpa jejak? Amerika Serikat tengah mengembangkan teknologi seperti ini menjadi kenyataan.

'Defense Advanced Research Projects Agency' (DARPA), sebuah lembaga yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan AS (Pentagon), baru saja meluncurkan program yang disebut 'Vanishing Programmable Resources'.

Program ini dimaksudkan untuk membuat alat elektronik yang bisa menghilang secara alami (biodegradable) dengan perintah tertentu.

Konsepnya adalah mereka ingin kacamata night vision, tablet, atau radio milik para tentara AS yang sering tertinggal di medan perang bisa menghilang secara alami jika diinginkan.

Departemen Pertahanan AS ingin melakukannya sehingga alat-alat elektronik itu lebih ramah lingkungan dan terlindung dari potensi kehilangan informasi yang bisa disalahgunakan oleh pihak lain jika sewaktu-waktu hilang.

"Hampir mustahil untuk melacak dan menemukan setiap perangkat (yang hilang), yang bisa mengakibatkan kerusakan lingkungan dan potensi penyalahgunaan," sebut pihak DARPA, seperti dikutip Mashable.

Organisasi ini berencana membuat silicon air battery sebagai awalnya, meski belum mengungkap rincian apapun hingga kini. (*/inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox