atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Penyu Langka 'Nyasar' di Perairan Pakistan

By Atjehcyber.net on 1/27/2014 | 10.00


Spesies penyu langka yaitu penyu sisik muncul untuk pertama kalinya di perairan laut Pakistan.

Seperti dilansir Softpedia (23/1), menurut data dari World Wildlife Fund (WWF), penyu sisik ini adalah yang pertama dari jenisnya yang pernah ditemukan berenang di lepas pantai Pakistan.

Sebenarnya, penyu ini tidak benar-benar berenang pada saat ditemukan melainkan dalam keadaan tersangkut di jala nelayan setempat. Menurut WWF, penyu sisik ini terjerat dalam jaring ikan nelayan dan tidak mampu membebaskan diri.

Dalam situs organisasi tersebut, disebutkan bahwa tak lama setelah ditemukan, penyu itu langsung dibebaskan, dengan sebelumnya diukur dan ditimbang dan kemudian dilepas kembali ke laut.

Penyu sisik ini berukuran sekitar 47 sentimeter (sekitar 18,5 inci) dari kepala ke ekor. WWF mengatakan bahwa penyu ini masih remaja atau mungkin seekor dewasa muda.

Penyu sisik sendiri dilaporkan bisa tumbuh hingga panjang 1 meter ( sekitar 3,3 kaki) dan mencapai bobot 80 kilogram.

Untuk saat ini, penyu sisik dianggap sebagai spesies yang terancam punah. Karena itu, para organisasi lingkungan berusaha untuk menyelamatkan mereka dari kepunahan.

Diperkirakan bahwa saat ini hanya ada 50 ribu penyu sisik yang tersisa di dunia. Ini berarti bahwa selama satu abad, jumlah keseluruhan untuk spesies ini menurun sekitar 80 persen. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox