atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

PNS Wajib Gunakan Email Resmi

By Atjehcyber.net on 1/06/2014 | 20.21


Jakarta - Terhitung 1 Januari 2014, para pegawai negeri sipil (PNS) di Indonesia wajib menggunakan email resmi yang disediakan oleh pemerintah.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (Kemen PAN-RB) mewajibkan setiap PNS memakai email resmi yang disediakan pemerintah @pnsmail.go.id, atau email resmi di instansinya masing-masing saat sedang berdinas.

Menteri PAN-RB Azwal Abubakar menjelaskan, saat ini seluruh instansi pemerintah telah memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi sebagai pendukung melaksanakan tugas dan fungsinya.

Meski demikian, masih banyak pejabat mengunakan layanan email yang disediakan perusahaan internet asing, seperti Yahoo Mail, Gmail, Outlook, dan sebagainya.

Faktor keamanan data dan isu penyadapan pihak asing menjadi kekhawatiran pemerintah saat ini. Apalagi baru saja terungkap Badan Keamanan Nasional AS (NSA) telah menyusup ke dalam sever sejumlah raksasa internet, termasuk Google dan Yahoo.

“Ini berisiko dan tidak aman dalam konteks kerahasiaan data dan informasi negara,” ujar Menteri PAN-RB, seperti dilansir situs resmi Kementerian Kominfo RI.

Oleh karena itu, Kementerian PAN-RB memandang perlu diupayakan suatu langkah strategis menyediakan email resmi pemerintah sebagai alat komunikasi persuratan elektronik kegiatan kedinasan yang diberikan bagi PNS di seluruh Indonesia.

Menurut Menteri PAN-RB, penggunaan email resmi oleh PNS itu juga bertujuan mewujudkan birokrasi modern yang cepat, efektif, efisien, dan aman di lingkungan instansi pemerintah.

"Email ini tidak mengesampingkan pemanfaatan email resmi kementerian/ lembaga/ pemda yang sudah ada, dan dimanfaatkan oleh PNS," kata Menteri PAN-RB.

"Namun PNS tetap dapat memiliki email resmi pemerintah dengan domain .go.id yang lain sesuai dengan aturan, peran, dan peruntukannya," imbuhnya. (*inilah)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox