atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Puisi Cinta Sappho Diterjemahkan

By Atjehcyber.net on 1/31/2014 | 17.00


Secara logika, sejak manusia muncul di bumi ini, perasaan menyukai lain jenis juga turut menyemarakkan kehidupan. Ada bukti bahwa, ratusan tahun lalu, sudah ada puisi cinta yang dibuat.

Sebuah papyrus kuno yang diperkirakan berumur 1.700 tahun diyakini merupakan lembaran dengan tulisan berunsur cinta dengan bahasa puisi tertuang di atasnya. Hal tersebut dibuktikan dengan berhasil diterjemahkannya tulisan itu oleh seorang Pepirolog Oxford bernama 'Dr Dirk Obbink'.

Dikutip dari Daily Mail (29/01), Obbink mengklaim bahwa puisi surat cinta itu ditulis menggunakan 4 puisi pendek dan sebuah fragmen puisi. Obbink juga mengklaim bahwa puisi cinta tersebut dituliskan oleh seorang pujangga sekaligus seorang penulis dari Yunani bernama Sappho.

Dalam puisinya itu, Sappho menceritakan kisah cinta yang awalnya tumbuh dan akhirnya kandas. Namun, ada satu keunikan dalam tulisan di puisi tersebut. Obbink menjelaskan bahwa puisi itu lebih mengarah pada sisi kisah cinta antar sesama jenis, khususnya wanita (lesbian).

"Secara keseluruhan, puisi Sappho ini bercerita tentang keluarga, biografi, kultus serta cinta dan Aphrodite," jelas Obbink. Puisi tersebut dituliskan dengan menggunakan dialek Yunani kuno yang disebut Aeolic. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox