atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Sadap Komputer, NSA Pakai Gelombang Radio

By Atjehcyber.net on 1/16/2014 | 01.30


CALIFORNIA - National Security Agency (NSA) dikabarkan menggunakan gelombang radio untuk menyadap komputer secara offline. Badan intelijen Amerika Serikat ini memanfaatkan teknologi gelombang radio untuk mengakses dan mengubah data pada komputer yang tidak terkoneksi internet.

Dilansir Cnet, Rabu (15/1/2014), berdasarkan laporan New York Times, NSA menggunakan teknologi nirkabel rahasia yang memungkinkan pihaknya melihat data komputer milik pengguna. Konon, aksi ini sudah dilakukan sejak 2008.

Pada 2008, badan intelijen ini meningkatkan penggunaan 'saluran rahasia gelombang radio'. Teknologi ini kabarnya bisa mengirimkan data dari hardware yang terpasang di komputer.

Menurut laporan dari dokumen NSA, sinyal dari gelombang radio yang terkirim tersebut bisa masuk ke stasiun pusat yang berada di jarak lebih dari satu mil. NSA juga meng-install software pemantauan pada sekira 100 ribu komputer di seluruh dunia.

Laporan mengungkapkan, NSA lebih sering menggunakan teknologi tersebut untuk menarget Chinese Army atau angkatan darat China. Belum ada bukti bahwa NSA menggunakan teknologi rahasia ini untuk penggunaan di dalam AS.

"Kegiatan NSA difokuskan dan khusus dikerahkan hanya melawan target intelijen asing yang sah sebagai respon untuk kebutuhan intelijen. Selain itu, kami tidak menggunakan kemampuan intelijen asing untuk mencuri rahasia dagang dari perusahaan asing, " ungkap NSA.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan aksi penyadapan yang dilakukan NSA. Media massa asal Jerman, Der Spiegel, membongkar dokumen yang menyebutkan bahwa NSA juga menanamkan spyware atau virus untuk menyadap pada perangkat elektronik pabrikan perusahaan dunia. (*okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox