atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Tips Selamat Hadapi Radiasi Nuklir

By Atjehcyber.net on 1/20/2014 | 19.00


CALIFORNIA - Radiasi akibat ledakan nuklir memang sangat mengancam nyawa manusia. Peneliti menyarankan seseorang untuk bersembunyi di tempat perlindungan apabila terjadi ledakan nuklir, namun penelitian terbaru mengungkapkan seseorang lebih baik lari ketimbang bersembunyi.

Michael Dillon, peneliti dari Lawrence Livermore National Laboratory di California, menyarankan seseorang untuk lari ketimbang bersembunyi jika terjadi ledakan nuklir. Pasalnya, seseorang akan memilih rumah atau gudang bawah tanah untuk tempat persembunyian dari radiasi nuklir. Menurut peneliti, tempat tersebut tak cukup aman.

"Apabila tempat persembunyian Anda terbilang lemah, dan ada tempat persembunyian lebih bagus dengan jarak yang dapat ditempuh tak lebih dari lima menit, kami menyarankan Anda untuk lari dan bersembunyi di tempat persembunyian itu," jelas Dillon seperti dikutip DailyMail, Minggu (19/1/2014).

Namun perlu digarisbawahi, ada batas waktu minimal seseorang aman berada di luar rumah atau shelter selepas terjadinya ledakan nuklir. Manusia akan tetap aman dari radiasi jika berada di luar rumah dalam hitungan waktu 30 menit.

"Jika Anda menempati shelter yang buruk dan ada shelter lain yang lebih aman, Anda seharusnya berlari ke shelter tersebut. Tidak lebih dari 30 menit setelah terdengar ledakan nuklir. Jika hal ini diterapkan oleh seluruh orang, akan ada 10 ribu hingga 100 ribu nyawa manusia yang bisa diselamatkan," pungkas Dillon. (*/okz)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox