atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Windows Masih Tetap Perkasa

By Atjehcyber.net on 1/09/2014 | 06.30


Sebuah kolom opini dari Malaysiandigest (5/1) menyebutkan bahwa lini Windows yang digawangi Microsoft diprediksi akan kesulitan bernapas di tahun ini. Padahal, seperti diketahui Windows sendiri adalah produk software paling laris yang pernah ada di dunia.

Di masa-masa jayanya tahun 90-an, Windows pernah meraup 90 persen pangsa pasar dunia dalam hal sistem operasi komputer. Namun, seiring kiamat PC yang makin dekat dan pesaing yang makin banyak, Windows pun kini tak lagi berada di atas angin karena hanya menguasai 15 persen saja pasar sistem operasi komputer dunia.

Pun ketika Microsoft meluncurkan Windows 8 guna memonopoli kembali pasar sistem operasi komputer dunia, hal ini gagal. Windows 8 ternyata tidak selaris pendahulunya, Windows XP dan 7, akibat terlalu radikalnya perubahan yang dilakukan Microsoft.

Namun begitu, terlepas dari segala kemunduran dominasi Windows di pasaran, fakta menunjukkan bahwa bisnis sistem operasi Microsoft tersebut masih jauh dari kata tidak menyehatkan. Meski angkanya tidak lagi menanjak signifikan, data keuangan Microsoft menunjukkan bahwa penjualan softwarenya tersebut tetap berjalan meski tidak sekencang dulu.

Dalam data yang dihimpun IDC pada Oktober 2013 seperti yang dilansir ZDNet (30/10/2013), pendapatan dari lini software Microsoft pada semester pertama 2013 adalah USD 32.990. Angka ini lebih tinggi dua kali lipat dari pesaing terdekatnya, Oracle, yang hanya mencatatkan pendapatan USD 15.442 dari lini software.

Masa depan software PC terutama OS-nya memang masih simpang siur mengingat angka penjualan komputer PC yang makin tergerus gadget. Namun, kata mati untuk Windows sepertinya masih sulit untuk terealisasi mengingat bisnis tersebut tidak menunjukkan gejala penurunan. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox