atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

10 Kata dalam Naskah Voynich Diterjemahkan

By Atjehcyber.net on 2/25/2014 | 22.00


Seorang peneliti mengaku telah menerjemahkan 10 kemungkinan kata di naskah Voynich terkenal tak terbaca yang belum berhasil diterjemahkan selama satu abad.

Buku kertas kulit (perkamen) setebal 250 halaman ini dipenuhi dengan tulisan dalam aksara dan gambar rumit yang diketahui menggambarkan berbagai mata pelajaran dari wanita telanjang, jamu, dan lambang zodiak. Teks abad pertengahan ini ditemukan oleh seorang pedagang buku antik pada 1912, dan telah agak pelit dalam memberikan rahasianya sejak itu.

Sekarang Stephen Bax, profesor linguistik terapan di University of Bedfordshire di Inggris mengatakan, dia menguraikan 14 karakter dari naskah dan dapat membaca beberapa benda dalam teks Voynich, seperti kata-kata untuk ketumbar, semacam tumbuhan dan jintan di sebelah gambar tanaman. Ia juga memilih kata untuk Taurus yang tertulis di samping sebuah ilustrasi dari Pleiades, gugus bintang di rasi Taurus .

"Saya menangkap gagasan mengenali nama yang tepat dalam teks, mengikuti pendekatan bersejarah yang berhasil menguraikan hieroglif Mesir dan naskah lain yang masih menjadi misteri lain. Saya kemudian menggunakan nama-nama itu untuk mengerjakannya di luar bagian dari naskah," kata Bax.

"Naskah ini memiliki banyak ilustrasi bintang dan tanaman," tambah Bax . "Saya mampu mengenali beberapa, dengan nama-nama mereka, dengan melihat manuskrip herbal abad pertengahan dalam bahasa Arab dan bahasa lain. Saya kemudian membuat mulai menerjemahkan dengan beberapa hasil yang menarik."

NaskahVoynich sekarang ada di perpustakaan buku langka di University of Yale. Penanggalan karbon membuktikan bahwa naskah ini berasal dari abad ke-15, dan peneliti percaya itu ditulis di Eropa Tengah. Sementara beberapa ulama telah menulis ini sebagai tipuan era Renaissance penuh teks omong kosong.

Yang lain mengatakan, pola huruf dan kata menunjukkan buku itu ditulis dalam bahasa yang nyata atau setidaknya bahasa sandi . Sebuah kajian statistik terbaru yang diterbitkan di jurnal PLoS ONE menemukan, bahwa Voynich mematuhi aturan linguistik .

Bax mencatat, bahwa naskah ini masih jauh dari bisa dipahami. Namun, ia akan terus mendalami yang ia temukan sejauh ini dengan harapan, bahwa ahli bahasa lainnya akan bekerja sama dengannya untuk memecahkan kode itu. Untuk saat ini, ia berpikir buku itu adalah "mungkin sebuah risalah alam, mungkin dalam bahasa Near Estern (Asia Barat) atau Asia." (*/ng-id)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox