atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

10 Tahun Lagi, Kecepatan Internet 10 GB per Jadi Nyata

By Atjehcyber.net on 2/16/2014 | 19.40


Google sedang mempersiapkan teknologi transfer data super cepat yang bakal miliki kecepatan 10 kali lipat dari speed layanan mereka saat ini. Google Fiber, layanan internet cepat dari Google yang sedang digeber di Kansas, hanya miliki kecepatan mentok 1 GBps saja. 10 tahun lagi Google bakal wujudkan kecepatan data 10 kali lipat hingga 10 GB per detik.

Google memandang jika kecepatan data sangat penting untuk menunjang aktivitas pengguna. Sebab, jika segala aktivitas yang dilakukan bisa ditingkatkan, maka penggunaan piranti lunak sebagai layanan juga otomatis akan meningkat.

Patrick Pichette, CFO Google mengatakan jika teknologi Google Fiber dengan 10 GBps bisa akan terwujud dalam 1 dekade. Namun, Google tidak menutup kemungkinan untuk selesai menggebernya dalam tempo tiga tahun saja.

“Ini yang sedang kami wujudkan, tak perlu menunggu waktu selama itu,” tambah Patrick.

Untuk saat ini Google Fiber hanya tersedia di Kansas City. Sukses di kota tersebut, Google akan segera memacu ke kota-kota lainnya seperti Austin dan Texas. Patrick Pichette sendiri yakin jika Google miliki kemampuan untuk penerapan teknologi serat optik.

Pasalnya, selama tujuh tahun dirinya telah mengabdi sebagai eksekutif pada Bell Canada, sebuah perusahaan yang tawarkan layanan kabel serat internet cepat ke rumah. Ia melihat Google memiliki kemampuan untuk wujudkan itu.

Teknologi transfer data super cepat tidak hanya dikembangkan oleh Google semata. Di Inggris, seorang peneliti mampu wujudkan transfer data kecepatan 10 GBps dengan teknologi yang bernama li-fi, sebuah teknologi internet nirkabel berbasis cahaya. (*/sidomi)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox