atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

5 Kejadian Pembawa Hikmah

By Atjehcyber.net on 2/21/2014 | 11.30


Bencana dianggap sebagai musibah orang banyak karena menimbulkan kerugian yang masif bentuknya. Kerugian ini pun beragam, mulai dari hilangnya harta, benda, hingga nyawa.

Sehingga, banyak orang yang jadi korban bencana kemudian merana hidupnya akibat kehilangan hal-hal paling berharga. Bencana pun jadi lembar hitam bagi tiap korbannya.

Ada juga bencana yang justru akhirnya membawa berkah. Bahkan, jika saja bencana itu tidak terjadi, maka para korbannya tidak akan bisa merasakan hidup yang lebih baik.

Tsunami yang melanda Aceh 26 Desember 2004 khususnya, menjadi bencana yang mencengangkan dunia Internasional. Namun menjadi berkah untuk masyarakat Aceh dalam pembangunan khususnya.

Namu ada juga beberapa kejadian / bencana yang mampu membawa angin keberuntungan lainnya.  Seperti dilansir Listverse berikut ini.

1. Badai Katrina


Katrina merupakan salah satu badai paling mematikan dalam sejarah Amerika Serikat. Sekitar 2 ribu orang mati dan 85 persen daerah New Orleans tenggelam akibat badai ini.

Namun begitu, akibat tenggelamnya daratan ini justru membuat kesehatan anak-anak membaik. Pasalnya, sebelum terjadi badai, tanah di New Orleans disebut tercemar oleh timbal.

Timbal ini mampu merusak kesehatan mental dan fisik anak-anak yang masih rentan. Untungnya, karena badai tersebut, endapan timbal dan material berbahaya lainnya mampu tersapu bersih sehingga daratan New Orleans sehat untuk ditinggali.

2. Pembantaian rakyat India


Dalam pembantaian Amritsar, kolonial Inggris menembak mati sekitar 400 demonstran sipil India karena melakukan protes. Hal ini pun kemudian dianggap sebagai pembantaian paling kejam dan bodoh karena dilakukan pada rakyat sipil yang tak berdosa.

Mahatma Gandhi yang sebelumnya sangat cinta dengan kolonial Inggris pun kemudian marah mengetahui kejadian ini. Dirinya yang semula mendukung gerakan Inggris dalam PD I mulai berbalik. Gandhi akhirnya menjadi advokat bagi rakyatnya sendiri hingga mengantar India yang merdeka dari Inggris.

3. Kebakaran besar Chicago


Pada 1871, kebakaran besar membumihanguskan seluruh kota angin Chicago. Hal ini mengakibatkan sepertiga populasi di sana jadi tunawisma karena rumahnya jadi abu akibat dilalap api.

Untungnya, api yang membakar Chicago ini pun membawa angin perubahan besar-besaran ketika kota kembali di bangun. Chicago sebelum kebakaran adalah kota kumuh dengan penataan semrawut. Akibat kebakaran itu, kota ditata ulang sehingga jadi metropolitan seperti sekarang ini.

4. Pengeboman London


Dalam perang dunia kedua, London jadi sasaran bom tentara Nazi. Berbagai pesawat dari Luftwaffe, angkatan udara Nazi, tiap hari menjatuhkan bom ke tanah Britania Raya.

Akibat hal ini 4 ribu orang Inggris mati sia-sia. Banyak yang kemudian jatuh miskin karena hartanya hancur akibat bom.

Mau tak mau, pemerintah Inggris kemudian harus memberikan subsidi pada rakyatnya. Berbagai subsidi dan bantuan seperti kesehatan, pendidikan, dan perumahan diberikan untuk meringankan beban rakyat Inggris.

Hal ini teryata bertahan pasca perang. Di masa sekarang ini pun rakyat Inggris tetap dijamin kesejahteraannya oleh negara. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox