atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

8 Tatanan Dunia yang Dipengaruhi Facebook

By Atjehcyber.net on 2/06/2014 | 16.30


Sudah sepuluh tahun Facebook jadi jejaring sosial terbesar di dunia. Selama sepuluh tahun ini pula banyak perubahan yang terjadi di sekitar kita.

Bahkan, dunia secara global juga berubah berkat hadirnya Facebook. Kalau boleh dibilang, saat ini pun kita hidup dalam tatanan dunia baru yang turut dibentuk oleh Facebook.

Apa saja perubahan yang dilakukan Facebook terhadap dunia? Simak ulasannya di sini seperti yang dilansir Mashable (4/2).

1. Cara berkomunikasi
Facebook membuat dunia kita lebih kecil dan sempit. Sehingga, seorang teman yang posisi fisiknya berada nun jauh di sana pun seakan terasa hadir di samping kita.

"Bersosialisasi dengan orang di seluruh dunia secara online adalah hal baru bagi kita. Bahkan MySpace yang lebih dulu hadir tak mampu menawarkan apa yang Facebook miliki," sebut Brian Blau, peneliti dari Gartner.

2. Cara berbagi
Facebook tak lagi jadi jejaring sosial yang membantu untuk menyebarkan penggalan kisah hidup kita. Lebih dari itu, Facebook juga merupakan jurnal kehidupan kita yang bebas dilihat siapa saja.

Saat ini pun tak perlu berkenalan lama untuk bisa mengenal seseorang. Cukup buka saja Facebooknya dan segalanya akan diketahui.

3. Cara menikmati konten
Sebelumnya banyak yang memilih media online atau media konvensional lainnya untuk bisa mengetahui sebuah berita. Namun, hal ini kini bisa dilakukan lewat timeline Facebook.

Hal ini dikarenakan adanya integrasi media online besar dunia dengan jejaring sosial terbesar itu. Pengguna Facebook pun akhirnya share konten apa saja yang menurut mereka menarik pada Facebooknya sehingga sebuah berita bisa tersebar dari mulut ke mulut tanpa mengurangi isi yang dikandungnya.

4. Cara memahami privasi
Dulu mungkin tidak ada yang sadar mengenai hak privasi dan batasan untuk mengenal seseorang. Namun, hal itu kini disadari setiap pengguna Facebook terutama yang berada di luar negeri sana.

Hal ini dikarenakan Facebook ternyata juga dijadikan NSA sebagai alat mengumpulkan data mengenai orang yang ingin mereka sadap. Jika privasi tidak dilindungi, maka tunggu saja kapan NSA akan menyadapnya.

5. Politik Amerika Serikat
Tidak ada yang sadar bahwa Facebook juga bisa menjadi sumber kekuatan sebelum Obama menang pemilu pada 2008. Barack Obama jadi presiden kulit hitam pertama Amerika Serikat setelah berhasil menggalang dukungan lewat jejaring sosial itu.

Fenomena itu kemudian berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Di Indonesia, Jokowi misalnya, berhasil menang Pilkada DKI Jakarta berkat dukungan kaum muda yang digalangnya juga lewat jejaring sosial.

6. Mengubah tatanan di Timur Tengah
Facebook juga jadi salah satu sarana timbulnya pergolakan besar di dunia. Hal ini setidaknya telah dan tengah terjadi di Timur Tengah sana.

Banyak revolusi pemerintahan yang dilakukan rakyat Timur Tengah terjadi berkat adanya perkumpulan-perkumpulan di Facebook. Hal ini yang kemudian membuat beberapa negara akhirnya melarang penggunaan Facebook karena dinilai berpotensi merusak.

7. Kenalkan cyberbullying
Bully atau tindakan melecehkan orang lain sebelumnya dilakukan secara langsung atau setidaknya lewat tulisan. Namun, kini hal tersebut juga bisa dilakukan via online.

Berkat Facebook pula banyak orang yang kemudian dipermalukan atas aibnya secara masif. Karena sifat Facebook yang global, efeknya pun makin besar sehingga membuat orang yang dibully malu hingga akhirnya memutuskan bunuh diri.

8. Ubah tatanan bisnis
Facebook juga membuka kesempatan baru terutama bagi para pebisnis. Lewat platform ini kemudian banyak hal bisa dilakukan termasuk jualan online hingga promosi produk.

Hal ini yang kemudian juga mengubah Facebook dari masa ke masa. Facebook kemudian sepenuhnya didesain guna menyampaikan konten promosi tanpa harus merusak fungsinya sebagai jejaring sosial. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox