atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Android Masih Raja Smartphone

By Atjehcyber.net on 2/26/2014 | 10.30


London - Android tetap mencatatkan diri sebagai jawara dalam kompetisi penjualan smartphone. Dalam tiga bulan terakhir yang berakhir pada Januari 2014, sistem operasi yang dikembangkan Google itu menyumbang sekitar 70 persen dari penjualan di 12 pasar utama, menurut angka terbaru dari divisi riset pasar WPP, Kantar Worldpanel Comtech.

Sebagai perbandingan, saingan terdekatnya, Apple, mengambil 22,1 persen dari penjualan atau turun hampir dua persen dari bulan lalu, sedangkan Windows Phone datar di 4,4 persen. Lainnya, termasuk BlackBerry, juga Symbian, menyumbang sisanya.

Dengan platform mobile Google terpasang pada tujuh dari setiap 10 smartphone yang dibeli konsumen, Android tampaknya hampir mustahil untuk dikalahkan. Bahkan dengan laporan bahwa pesaing seperti Nokia juga bermain-main dengan perangkat Android, pertanyaan mungkin tidak lagi pada platform dominan, tapi siapa pemainnya.

Samsung terus duduk di posisi atas. "Dalam tiga bulan terakhir Samsung mengambil 32,6 persen dari penjualan di 12 pasar utama, naik sedikit dari bulan lalu 32,2 persen," ujar Direktur Kantar Dominic Sunnebo sebagaimana dikutip Techcrunch, Ahad, 23 Februari 2014.

Tapi ketika menelusuri ke penjualan regional, terlihat produsen tertentu mencuri pasar raksasa Korea itu. Dalam kasus lima besar pasar Eropa dari Inggris, Jerman, Prancis, Italia dan Spanyol, misalnya, Kantar mencatat bahwa dominasi pasar Samsung sedang terkikis.

"Di Eropa Android terus bergerak ke arah pangsa 70 persen, dan pertempuran sesungguhnya sekarang adalah di antara produsen Android," tulis Sunnebo.

Samsung memiliki lebih dari setengah dari seluruh penjualan sebesar 39,5 persen, tapi ini lebih rendah dibandingkan dengan tahun lalu. Sebaliknya, LG (6,9 persen), Sony (9,4 persen), Motorola (1,7 persen) dan bahkan merek baru Wiko ( 2 persen) semua mengalami pangsa pasar yang berkembang dari penjualan, sebuah tren yang menurut Kantar akan berlanjut dengan peluncuran perangkat baru di Mobile World Congress di Barcelona minggu ini. (*/y!)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox