atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Bermain Smartphone Jelang Tidur Dapat Berakibat Buruk

By Atjehcyber.net on 2/12/2014 | 00.07


New York - Aktivitas mengecek email, jejaring sosial, atau bermain game via smartphone menjelang tidur, dianggap sebagai kebiasaan tidak baik oleh sebuah penelitian terbaru. Mengapa?

Hasil studi terbaru dari University of Florida, Michigan State University, dan University of Washington, mengungkapkan, aktivitas mengutak-atik smartphone di malam hari sebelum tidur dapat berakibat buruk pada kualitas tidur Anda.

Tak hanya itu, aktivitas yang sudah menjadi kebiasaan ini juga akan berdampak pada menurunnya produktivitas kerja, yang cenderung merasa lebih mudah lelah keesokan harinya. Akhirnya lebih sulit berkonsentrasi saat menginjak siang hari.

Mengutip blog Wall Street Journal, para ilmuwan di tiga universitas di AS tersebut melakukan studi yang mencakup tentang kebiasaan penggunaan smartphone di malam hari, durasi istirahat beserta kualitasnya, serta tingkat keterlibatan pada aktivitas kerja.

Dari hasil survei yang mereka lakukan, para pengguna yang rutin menggunakan smartphone pada pukul 21.00 ke atas cenderung merasa sangat lelah ketika pagi hari, dan merasa sangat susah berkonsentrasi pada pekerjaan.

Selain itu, ada juga kecenderungan untuk sulit mengingat-ingat janji atau tugas yang harus mereka selesaikan.

Untuk menghindari hal tersebut, solusinya sebenarnya cukup mudah. Para ilmuwan menganjurkan untuk mematikan smartphone saat menjelang tidur, atau minimal non-aktifkan volume pada smartphone dan simpan di tempat yang cukup jauh dari tempat tidur Anda. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox