atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ditemukan Galaksi Paling Jauh!

By Atjehcyber.net on 2/13/2014 | 00.10


CALIFORNIA - NASA mengklaim menemukan galaksi paling jauh. Menggunakan Teleskop Hubble dan Spitzer, badan antariksa Amerika Serikat ini menemukan kelompok galaksi Abell2744 Y1.

Dilansir Ibtimes, Minggu (9/2/2014), dua teleskop luar angkasa NASA, Spitzer dan Hubble menemukan galaksi yang diyakini oleh peneliti merupakan galaksi yang paling jauh. Galaksi Abell2744 Y1 ini menarik bagi ilmuwan.

Abell2744 Y1 bisa membantu astronom melihat kembali ketika alam semesta berusia 650 juta tahun lalu. NASA mengatakan, umur alam semesta mencapai 13,8 miliar tahun.

Galaksi yang baru ditemukan ini berukuran 30 kali lipat lebih kecil dibandingkan galaksi Bima Sakti. "Hanya beberapa galaksi pada jarak yang besar ini yang dikenal," tutur Jason Surace dari NASA's Spitzer Science Center di California Institute of Technology, Pasadena.

Lebih lanjut ia mengatakan, ada program misi luar angkasa Frontier Fields yang sedang dikerjakan untuk menemukan lebih banyak galaksi yang letaknya sangat jauh atau galaksi yang redup. "Ini adalah gambaran dari apa yang akan datang," ungkapnya.

Program ini menurut NASA mendorong batas-batas mengenai seberapa jauh astronom dapat melihat galaksi yang terjauh di alam semesta. Peneliti menggunakan teknologi gelombang multi-panjang Great Observatories seperti Chandra X-Ray Observatory dan Compton Gamma Ray Observatory.

NASA mengungkapkan, teleskop Spitzer bisa mendeteksi cahaya inframerah dan teleskop Hubble mampu melihat cahaya inframerah.

Gambar yang ditangkap Hubble akan digunakan untuk melihat kandidat galaksi jauh. Sementara Spitzer diperlukan untuk menentukan keberadaan galaksi. Data Spitzer juga digunakan untuk membantu menentukan ada berapa banyak bintang di galaksi tersebut. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox