atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

India Luncurkan Kampanye Antiklakson

By Atjehcyber.net on 2/11/2014 | 14.00


Mumbai - India baru saja meluncurkan kampanye unik, yakni kampanye antiklakson.

Kampanye ini hadir setelah seorang pakar perilaku merasa bunyi klakson kendaraan di jalan-jalan di negara tersebut telah melewati batas.

Pakar tersebut, Anand Damani, merancang detektor di mobil yang akan menyala bila sopir membunyikan klakson lebih dari tiga kali dalam waktu singkat.

"Bunyi klakson, bila terdengar terus-menerus, bisa menyebabkan stres dan darah tinggi. Lihat saja, semua orang membunyikan klakson untuk meminta jalan. Padahal jika kita sabar, kendaraan di depan pasti juga akan bergerak dan kita akan bisa melaju," kata Damani kepada BBC di Mumbai, India, Minggu (9/2).

Sebagai langkah awal kampanyenya ini Damani memasang detektor klakson ke sejumlah kendaraan. Ternyata detektor ini bisa mendorong sopir mengurangi membunyikan klakson hingga 61%.

"Idealnya detektor ini harus ada di setiap kendaraan, sehingga orang bisa mengurangi kebiasaan membunyikan klakson secara berlebihan," kata Damani. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox