atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Ini Bekas Hantaman di Mars

By Atjehcyber.net on 2/09/2014 | 12.05


CALIFORNIA - NASA menemukan sebuah kawah di Mars bekas hantaman asteroid. Foto ini ditangkap melalui kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) milik NASA.

Dilansir Latimes, Jumat (7/2/2014), kawah ini memiliki ukuran lebar 100 kaki. Membentuk seperti pola ledakan bintang (starburst), asteroid ini menurut NASA membentur permukaan Mars antara Juli 2010 hingga Mei 2012.

Dampak asteroid ini menyebarkan puing-puing hingga sejauh sembilan mil dari situs kawah tersebut. Foto ini ditangkap pada November tahun lalu dan dirilis pekan ini.

Gambar dengan tampilan biru sudah dipoles atau mengalami penyempurnaan pada warna. NASA mengestimasi bahwa batu luar angkasa yang menabrak Mars memiliki ukuran panjang 10 kaki.



Menurut 'Alfred McEwen', peneliti utama HiRISE, apabila asteroid ini menghantam Bumi, maka objek bisa terbakar di atmosfer dan jatuh sebagai bola api. Sedangkan di Mars, kerapatan atmosfer berbeda atmosfer Bumi, sehingga asteroid yang jatuh bisa memberikan dampak besar pada planet merah.

Ari Espinoza, juru bicara HiRISE mengungkapkan, 250 kawah akibat hantaman asteroid muncul di permukaan Mars selama dua dekade terakhir. Foto ini penting bagi ilmuwan, karena kawah menunjukkan tanah atau batu yang berada di bawah permukaan planet berdebu tersebut. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox