atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Kelud Meletus, Beredar Pesan Bromo Siaga 1

By Atjehcyber.net on 2/15/2014 | 19.00


Jumat (14/2) pagi hari kemarin, ramai beredar pesan hoax baik di aplikasi messenger WhatsApp, Line, ataupun BlackBerry Messenger yang mengatakan jika Gunung Bromo saat ini juga masuk status Siaga 1.

Naiknya Status Gunung Bromo ke Siaga 1 dan Gunung Semeru dari Waspada ke Siaga 3 ini dikaitkan dengan meletusnya Gunug Kelud pada Kamis dini hari kemarin, tepatnya pukul 22.50 WIB.

Pesan berisikan "Gunung Bromo SIAGA 1, Gunung Semeru SIAGA 3, Gunung Kelud telah meletus dahsyat. Perkiraan radius 30 KM WIL BLITAR, MALANG, KEDIRI, JEMBER, PROBOLINGGO, SITUBONDO, PASURUAN mengantisipasi bencana erupsi TERBESAR SE-JATIM. Demi kemanusiaan, infokan pada teman2 terdekat di wilayah kota manapun berada. BY: PVMBG PROP. JATIM" ini mulai beredar sekitar pukul 08.00 WIB.

Pihak pemerintah melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Provinsi Jawa Timur sendiri masih belum mengeluarkan pernyataan resmi terkait update status terbaru Gunung Bromo dan Semeru.

Selain itu, jika melihat dari situs Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) provinsi Jawa Timur (14/2), disebutkan jika Gunung Kelud saat ini dalam status Awas sedangkan Gunung Bromo dan Semeru masih dalam status Waspada. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox