atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Kini Hadir Popok Pintar untuk Bayi & Lansia

By Atjehcyber.net on 2/13/2014 | 02.15


TOKYO - Tidak cuma ponsel yang memiliki teknologi tinggi hingga dilabeli dengan nama 'smart'. Era berubah, dan teknologi terus berkembang hingga teknologi tinggi juga menjamah peralatan rumah tangga, mobil, bahkan popok.

Tim peneliti dari University of Tokyo berhasil membuat popok berteknologi yang dinamakan Smart Diaper. Temuan ini berawal dari banyaknya populasi lansia yang berada di Jepang. Bahkan tak hanya lansia, penderita penyakit komplikasi yang kerap menggunakan popok untuk kesehariannya juga menjadi pemicu bagi tim untuk membuat popok pintar.

Popok ini dilengkapi dengan sensor organik yang dapat mendeteksi kapan waktu seorang perawat harus mengganti popok bayi, lansia, atau penderita penyakit. Sensor berupa panel PCB terbuat dari plastik menempel di bagian dalam popok yang berfungsi untuk memberikan sinyal pada ponsel dengan jaringan nirkabel. Demikian seperti dilansir Ubergizmo, Selasa (11/2/2014).

Sensor akan bekerja mentransmisikan sinyal nirkabel pada ponsel perawat atau orang tua untuk segera menggantinya dengan yang baru. Keuntungan lebih dari popok pintar ini adalah biaya yang rendah untuk diproduksi secara massal. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox