atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Lampu Pijar Ini Bersinar Selama 130 Tahun

By Atjehcyber.net on 2/11/2014 | 00.41


Lampu pijar atau lampu bohlam masih setia menerangi malam kita meski teknologi saat ini menawarkan lampu jenis lain yang lebih terang, lebih canggih, serta ekonomis dan hemat daya. Salah satu lampu pijar tertua di dunia ada di Inggris. Lampu ini dibuat pada tahun 1883 dan tetap terang benderang hingga hari ini. Setidaknya lampu bohlam tersebut telah berusia 130 tahun.

Lampu ini miliki enam filamen internal. Lampu ini milik Crook Florence Beth. Ia membawanya ke sekolah sebagai salah satu bagian dari mata pelajaran ilmu pengetahuan kala itu. Kemudian lampu ini diteruskan ke anaknya Kenneth dan Lancs. Kini lampu tersebut tetap dimiliki janda berusia 79 tahun ini dan masih menerangi rumahnya.

Lampu pijar ini merupakan salah satu produk perdana pabrik Ediswan yang mulai memroduksi pada tahun 1881. Patut diketahui jika Ediswan sendiri adalah sebuah kolaborasi antara dua fisikawan terkemuka dunia: Sir Joseph Swan (Inggris) dan penemu bola lampu Thomas Edison (AS).

Diproduksi tahun 1883, dua tahun sejak Pabrik Ediswan berdiri. 

Sementara itu menurut Guinness Book of Records, bola lampu tertua di dunia dan terus digunakan telah menyala selama 109 tahun. Bohlam lampu ini ada di Fire Station 6, Livermore, California Utara, AS. Sedangkan pada tahun 2009 lalu, pemerintah Inggris sendiri telah mengganti lampu semacam ini dengan lampu jenis lain yang ramah lingkungan (model neon). AS pun juga mengeluarkan UU serupa. (*/sidomi)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox