atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Langkah Mudah Agar Smartphone tak Lemot

By Atjehcyber.net on 2/20/2014 | 14.30


Seperti halnya komputer, sebuah perangkat mobile juga lama kelamaan akan menjadi lemot dalam pengoperasiannya. Untuk mendapatkan performa yang bagus lagi, berikut ada beberapa tips untuk membuat perangkat mobile tersebut kembali dalam top performance.

1. Periksa kapasitas smartphone
Backup atau hapus data-data yang sudah tidak terpakai di dalam perangkat dan minimalkan untuk menyimpan data-data yang tidak begitu penting di kemudian hari.

Hapus pula, setiap History sampai dengan Cache dalam browser untuk mendapatkan space yang lebih dan dapat membuat perangkat lebih mulus berjalan.

2. Hapus aplikasi tak berguna
Hapus atau uninstall semua aplikasi atau game yang sekiranya tidak lagi atau jarang digunakan.

3. Update software
Agar perangkat menjadi kembali dalam performa puncaknya adalah dengan memberikan update pada operating systemnya. Dengan memberikan update terhadap operating system, maka perangkat seperti halnya mendapatkan kekuatan baru untuk dipergunakan bekerja.

4. Hapus widgets tak berguna
Memang terkadang widgets di halaman utama diperlukan sebagai jalan pintas untuk pengaksesan sesuatu. Namun, ada kalanya widgets-widgets yang terpasang itu justru menguras memori terlalu banyak.

5. Pikir ulang sebelum lakukan root dan overclock
Rooting dan overclocking sebuah perangkat tidak hanya terbatas pada komputer saja. Sekarang ini juga mulai merambah perangkat mobile. Namun ternyata, dengan melakukan hal ini justru membuat baterai cepat terkuras, beberapa software bawaan pabrik tidak support dan membuat perangkat berjalan pelan.

Oleh karenanya, diimbau untuk lebih bijak sebelum melakukan rooting perangkat karena belum tentu dengan hal tersebut, perangkat akan lebih baik.

6. Tutup aplikasi di balik layar
Ada kalanya seorang pengguna perangkat mobile lupa untuk kembali menutup aplikasi yang dia gunakan sebelumnya dan membuka aplikasi baru. Hal tersebut justru membuat baterai perangkat lebih cepat habis dan berjalan lamban.

Oleh karenanya, diharapkan memeriksa terlebih dahulu apakah masih ada aplikasi lain yang masih terbuka sebelum mengakses aplikasi atau game baru. (*/mdk)


KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox