atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Metode Menghitung Paus dari Luar Angkasa

By Atjehcyber.net on 2/15/2014 | 02.30


London - Para peneliti Inggris menggunakan metode baru untuk menghitung jumlah paus dari luar angkasa. Seperti apa?

BBC melansir, metode baru itu menggunakan gambar-gambar satelit beresolusi tinggi serta piranti lunak pemroses gambar. Hal tersebut ternyata mampu mendeteksi penampakan paus di permukaan samudra.

Mamalia laut raksasa itu dihitung dari sebuah lokasi di pantai Golfo Nuevo di selatan Argentina. Metode ini ternyata mampu mendeteksi 90% keberadaan paus di lokasi itu dibandingkan hitungan manual.

Ini adalah cara baru yang dianggap merupakan kemajuan besar dari teknologi penghitungan jarak jauh di luar angkasa. Cara ini diprediksi bakal mengubah metode penghitungan dan peramalan populasi paus selanjutnya.

Saat ini menggunakan metode hitung manual melalui pesawat, kapal atau berada di satu titik di pantai.

"Semakin tingginya resolusi gambar dan kemampuan analisis pencitraan, kami kini bisa memonitor banyak lagi spesies di berbagai tempat lainnya," ujar Peter Fretwell dari Survei Antartika Inggris kepada Program Inside Science milik BBC.

Tim peneliti ini menyeleksi area tesnya seluas 113 kilometer persegi yang merupakan bagian Golfo Nuevo di Teluk Valdes, lokasi yang memang sejak lama punya reputasi tempat bertemunya paus-paus samudera setempat.

Meski hewan ini adalah mamalia ukuran raksasa, tapi dalam gambar satelit mereka hanya nampak dalam wujud beberapa piksel saja.

Penghitungan manual menemukan 55 makhluk yang diduga kuat merupakan paus, 23 diduga paus, serta 13 makhluk yang diduga hidup di lapisan tengah samudra.

Beberapa model pengitungan otomatis kemudian diujicobakan dan hasil terbaiknya merupakan kombinasi dari gambaran panchromatic resolusi tinggi serta lapisan tipis gelombang violet (400-450 nanometer) pada spektrum cahaya.

Pendekatan otomatis mendapati 89% adanya dugaan kuat paus dibanding dengan hitungan manual. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox