atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

NASA: Bumi Makin Panas Setiap Tahun

By Atjehcyber.net on 2/05/2014 | 22.10


NASA menunjukkan dalam sebuah video mengenai perubahan iklim yang terjadi di Bumi sejak lebih dari 60 tahun lalu. Terungkap bahwa Bumi semakin panas dari tahun ke tahun.

Dilansir Cnet, Jumat (31/1/2014), NASA menunjukkan melalui video, peta temperatur Bumi dari 1950 sampai dengan 2013. Data memperlihatkan bahwa perubahan temperatur global tidak bergerak lambat, tetapi meningkat.

Video yang dirilis badan antariksa Amerika Serikat ini juga menjelaskan bahwa Bumi kian menghangat. Puncak terpanas kabarnya pernah terjadi pada 1998, 2000, 2005 dan 2010.

Menurut NASA Goddard Institute for Space Studies (GISS), rata-rata temperatur Bumi di 2013 mencapai 14,6 derajat Celcius. Rata-rata ini 0,6 derajat Celcius lebih tinggi ketimbang era tahun 2000-an.

Rata-rata temperatur global meningkat 0,8 derajat Celcius sejak 1880. Data ini menunjukkan bahwa tren perubahan iklim sedang berlangsung.

"Walau satu tahun atau satu musim bisa dipengaruhi oleh peristiwa cuaca yang acak (random), analisis ini menunjukkan perlunya untuk melanjutkan pemantauan jangka panjang," kata Gavin Schmidt, klimatolog GISS.

Peneliti GISS mengatakan, temperatur global meningkat seiring bertambahnya tingkat gas greenhouse (rumah kaca) di atmosfer. Emisi ini disebabkan aktivitas manusia. Tingkat karbondioksida di atmosfer bumi mencapai lebih dari 400 part per million. (CNet/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox