atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Robot Ini Ajarkan Sholat & Baca Quran ke Siswa

By Atjehcyber.net on 2/28/2014 | 17.30


Teheran -Iran adalah negara Islam dengan perkembangan teknologi pesat. Bahkan siswa SD di sana telah dikenalkan dengan teknologi robot sebagai sarana belajar.

Robot humanoid dipergunakan sebagai alat belajar di sebuah SD di Varamin, sebuah kota yang berjarak sekitar 30 km dari Teheran. Robot ini dapat memberi pelajaran membaca Al Quran dan cara shalat yang benar kepada para siswa.

Ide awal menjadikan robot sebagai sarana belajar muncul dari Akbar Rezaie, seorang guru di sekolah tersebut. Pria 27 tahun ini sempat mengikuti kelas robotic dan belajar untuk mengembangkan dan merakit robot humanoid.

Ilmu yang diperolehnya pun tidak disia-siakan begitu saja. Ia pun merakit sebuah robot dan menjadikannya sebagai metode baru untuk mengajar di kelas.

Mengutip AP, Rezaie membangun robot ini menggunakan educational kit dari pabrikan robot Korea Robotis Bioloid. Dengan menggunakan beberapa modifikasi mekanis seperti menambahkan dua mesin ekstra, ia berhasil membuat gerakan Sholat, seperti rukuk dan sujud dengan lebih mudah.

Rezaie menggambarkan robot sebagai bantuan pendidikan untuk guru, yang diyakininya dapat menarik minat siswa. Ia pun berharap robot humanoid ini bisa diproduksi secara massal di masa yang akan datang.

Rezaie juga telah mendaftarkan paten robot dan hak intelektualnya pada lembaga paten pemerintah Iran. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox