atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Samsung Pernah Tertawakan Android

By Atjehcyber.net on 2/21/2014 | 08.00


SEOUL - Samsung saat ini mendominasi pasar perangkat berbasis sistem operasi (OS) Android. Tapi siapa sangka, ternyata Samsung termakan omongannya sendiri, setelah sebelumnya pernah menertawakan tim Android Inc pada 2004.

Kisah lama Samsung dan Android ini terkuak dalam buku kontributor editor Wired, Fred Vogelstein, "Dogfight: How Apple and Google Went to War and Started a Revolution". Dalam buku itu dikisahkan bahwa engineer Andy Rubin, yang memulai proyek Android pada 2003, menawarkan ide tentang Android pertama kali kepada Samsung.

Alih-alih menerima sambutan hangat, para petinggi Samsung justru tertawa setelah Rubin mempresentasikan tentang seluruh visi Android. Di penghujung presentasinya, Rubin mendapati suasana ruangan yang sunyi.

"Lalu saya mendengar ada bisikan dalam bahasa asing dan salah satu petinggi berbisik dengan CEO, mengatakan 'Apakah Anda bermimpi?'. Setelah saya mempresentasikan semua visi, respon mereka pada dasarnya adalah 'Apa yang akan Anda dan tim Anda lakukan dengan ini? Kalian hanya enam orang. Tidak masuk akal?'. Lalu mereka menertawakan saya di luar ruangan," tutur Rubin, yang terbang bersama timnya ke Seoul, Korea Selatan, pada 2004 untuk mengunjungi raksasa elektonik tersebut.

Namun Dewi Fortuna berpihak pada Rubin. Pada awal 2005, salah satu pendiri Google, Larry Page, melihat potensi Android. Google telah membayangkan masa depan mobile dan memberikan penawaran menarik untuk Android.

Google mengakuisisi Android Inc seharga USD50 juta, tepat dua pekan setelah presentasi di hadapan Samsung. Satu hari setelah akuisisi diumumkan, Rubin mendapat telefon dari Samsung dan menyatakan bahwa ia bertemu dengan mereka untuk mendiskusikan 'proposal yang sangat menarik'.

Hingga akhirnya seperti yang kita tahu saat ini yaitu Samsung berhasil menjadi produsen smartphone terbesar di dunia, yang tak lepas dari peran penting Android. Demikian seperti dilansir International Business Times, Rabu (19/2/2014). (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox