atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Satu dari Empat Warga AS Tak Sadar Bumi Mengitari Matahari

By Atjehcyber.net on 2/19/2014 | 10.30


Dari sebuah survey yang dilakukan oleh National Science Foundation dan melibatkan lebih dari 2.200 responden di Amerika Serikat, terungkap bahwa warga negeri itu sangat antusias terhadap apa yang dijanjikan oleh sains. Namun, mereka tidak memiliki pengetahuan dasar terkait sains. Bahkan, satu dari empat di antara mereka tidak menyadari bahwa Bumi berputar mengelilingi Matahari.

Pada survey, sepuluh soal terkait ilmu pengetahuan fisika dan biologi ditanyakan, dan rata-rata nilai yang mereka dapatkan adalah 6,5.

Setelah hasilnya diumumkan pada ajang American Association for the Advancement of Science yang digelar di Chicago, ternyata hanya 74 persen responden yang tahu bahwa Bumi mengitari Matahari. Selain itu, tak sampai separuh (48 persen) responden yang tahu bahwa manusia berevolusi dari spesies terdahulu.

Satu dari tiga responden juga menyebutkan bahwa sains perlu mendapatkan lebih banyak pendanaan dari pemerintah. Adapun hampir 90 persen dari mereka menyatakan, manfaat dari sains jauh lebih banyak daripada bahaya yang ditimbulkan. Sekitar 90 persen responden mengekspresikan ketertarikannya pada penemuan di bidang medis.

Hasil dari survey yang rutin digelar setiap dua tahun ini akan disertakan dalam laporan National Science Foundation untuk Presiden Barack Obama dan lembaga pembuat undang-undang di AS. (*/phys.org)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox