atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Sosial Media Pemicu Perceraian di Palestina

By Atjehcyber.net on 2/09/2014 | 07.30


Tidak hanya di Indonesia atau negara-negara maju dan berkembang saja, di Palestina yang masih terbelit konflik, ternyata media sosial juga merupakan salah satu faktor yang memunculkan perceraian.

Menurut catatan dari badan pengawas perkawinan di Palestina, tingkat perceraian di negara tersebut meningkat yang salah satu faktor penyebabkan adalah karena penggunaan situs-situs jejaring sosial.

Angka peningkatan tersebut tercatat selama kurun waktu Januari sampai Desember 2013 silam.

"Angka perceraian di wilayah Palestina meningkat jadi 20 persen pada 2013 dari 16 persen pada 2012," begitu penjelasan dari laporan badan pengawas perkawinan Palestina itu, seperti dikutip dari Antara (06/02).

Tertulis juga bahwa kebanyakan perceraian tersebut terjadi di kalangan pasutri muda. Sebelumnya memang pernah diadakan satu perkawinan massal yang menikahkan 100 pengantin di suatu tempat di Jalur Gaza yang dibiayai oleh Presiden Palestina Mahmoud Abbas beberapa waktu lalu.

"Namun beberapa studi tahun lalu memperlihatkan banyak pertengkaran dan perbedaan pendapat di kalangan keluarga Palestina disebabkan oleh penyalahgunaan Facebook, sehingga mengakibatkan peningkatan dramatis angka perceraian," jelas Yousef Id'ies, Hakim Kepala di pengadilan di wilayah Palestina.

Selain itu, Yousef juga mengatakan bahwa dengan semakin aktif di situs jejaring sosial maka dapat meningkatkan rata tidak percaya dan cemburu antara suami dan istri.

Selain itu, faktor lain yang menyebabkan perceraian adalah kondisi keuangan yang buruk di kalangan pasutri muda. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox