atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

(VIDEO) Ada 'Tornado' Saat Sinabung Meletus

By Atjehcyber.net on 2/10/2014 | 14.00


Gunung Sinabung terus mengeluarkan awan panas dengan skala besar pada beberapa pekan terakhir. Bahkan saking dahsyatnya letusan Gunung api di wilayah Karo ini, tidak hanya awan panas yang diluncurkan ke arah pemukiman warga namun juga terbentuk tiga 'tornado' setelah awan panas meluncur.

Softpedia melansir (5/2), pada letusan yang terjadi minggu lalu, terlihat jika setelah awan panas meluncur dari puncak Sinabung atau dikenal sebagai 'fenomena pyroclastic flow', maka perbedaan suhu di permukaan tanah dan di udara yang tiba-tiba melonjak membuat muncul tiga 'tornado' yang terdiri dari awan dan debu panas.

Sebenarnya, pusaran angin berisi debu panas hasil erupsi ini bukan murni terbentuk seperti fenomena tornado yang banyak terjadi di belahan dunia lain. Kejadian ini banyak terjadi saat gunung meletus atau kebakaran hutan dan dikenal dengan istilah dust devil atau fire whirl.



Namun memang, kedua fenomena ini sama-sama memunculkan pusaran angin yang menjulang tinggi ke angkasa. Untuk melihat tiga dust devil yang terbentuk sesaat setelah letusan gunung Sinabung, Anda dapat melihat video berikut ini. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox