atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

VIDEO Asteroid Hampir Hancurkan Bumi

By Atjehcyber.net on 2/19/2014 | 19.00


Sebuah asteroid yang berpotensi membahayakan bumi baru saja melintas. Kedatangan asteroid ini pun sempat terekam oleh Slooh Community Observatory.

Seperti yang dilansir oleh Huffington Post (17/2), rekaman asteroid ini kemudian diunggah dalam sebuah video berdurasi 57 menit di YouTube. Di video itu dijelaskan seperti apa asteroid tersebut ketika melintas.

Sebelumnya, menurut Kamera Luar Angkasa Sloosh Space Camera, diprediksi, asteroid sebesar lapangan sepak bola ini, akan mengarah pada bumi pukul 9 malam waktu AS, atau jam 9 pagi waktu Indonesia.

Para ilmuwan memperkirakan 2000 EM26 memiliki diameter 270 meter dan memacu di tata surya dalam kecepatan 12,37 km per detik, kata Slooh. Saat terdekatnya, asteroid ini akan berada sekitar 8,8 kali jarak Bulan ke Bumi.

"Kami terus mencari asteroid-asteroid yang secara potensial berbahaya ini yang kadang baru ditemukan beberapa hari sebelum mendekati Bumi," kata direktur teknik dan riset Slooh Paul Cox seperti dikutip space.com.

Lintas edar 2000 EM26 adalah hampir setahun setelah mendekati dua objek dekat Bumi (NEO) pada 15 Februari 2013. Hari itu, para ilmuwan menjejak asteroid 2012 DA14 seukuran 30 meter yang kemungkinan meledak di atas Chelyabinsk, Rusia, dan mengakibatkan lebih dari 1.000 orang cedera karena pecahan kaca akibat dampak tumbukan.



Ilmuwan mengungkapkan tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang adanya asteroid yang mendekati bumi. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox