atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

WhatApp Dibeli Facebook Rp. 223 Triliun

By Atjehcyber.net on 2/20/2014 | 11.12


Berita mengejutkan kembali datang dari perusahaan jejaring sosial terbesar dunia, Facebook. Perusahaan itu dikabarkan telah membeli penyedia layanan pesan instan populer, WhatsApp dengan nilai USD 19 miliar atau sekitar Rp 223 triliun (kurs $1 = Rp 11.750).

Pembelian WhatsApp merupakan langkah besar terbaru yang dilakukan Facebook setelah sebelumnya membeli jejaring sosial berbagi foto Instagram. Selain itu, nilai pembelian WhatsApp oleh Facebook jauh lebih besar daripada penawaran USD 3 miliar yang diberikan perusahaan itu ketika menawar Snapchat tahun lalu.

Namun, seperti dilansir laman Forbes Kamis (20/2/2014), pembayaran yang dilakukan Facebook atas pembelian WhatsApp tentunya tak menggunakan uang tunai secara keseluruhan.

Perusahaan yang didirikan Mark Zuckerberg itu membayar dengan uang tunai sebesar USD 4 miliar dan USD 12 miliar dengan saham Facebook di lantai bursa. Selain itu ada pula pembayaran tambahan sebesar USD 3 miliar berupa saham terbatas yang diberikan untuk pendiri WhatsApp beserta sejumlah karyawannya.

Pembelian ini akan menjadikan posisi Pendiri dan CEO WhatsApp, Jan Koum di salah satu Dewan Direksi Facebook. Walaupun masuk dalam keluarga besar Facebook, WhatsApp akan beroperasi secara mandiri seperti yang dilakukan pada Instagram.

Harga pembelian gila-gilaan perusahaan dengan 55 orang karyawan ini cukup menarik perhatian. Sebab nilai pembeliannya setara dengan gabungan nilai perusahaan besar seperti United Continental, American Airlines, Ralph Lauren, Marriot International, Campbell Soup, Coach dan Tyson Food.

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox