atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

2012: Ledakan Matahari Nyaris Mengenai Bumi

By Atjehcyber.net on 3/20/2014 | 21.40


Washington - Para ilmuwan menyatakan, efek ledakan Matahari nyaris mengenai Bumi pada 2012. Seperti apa?

Reuters melansir, para ilmuwan AS menyatakan ledakan Matahari yang nyaris mengenai Bumi pada 2012 bisa saja mengakibatkan kerusakan listrik dan satelit.

"Efek ledakan tersebut bisa memperlemah medan magnetik Bumi, seperti kejadian 'Carrington' pada 1859, yang merupakan kejadian badai magnetik Matahari terbesar yang berdampak pada Bumi," jelas Janet Luhmann, ilmuwan fisika di University of Califronia.

"Jika ledakan ini mengenai Bumi, mungkin akan sama seperti yang terjadi pada tahun 1859. Melihat pula pada teknologi saat ini, mungkin saja efeknya bakal lebih parah," tambahnya.

Studi pada 2013 mengestimasi jika efek badai Matahari mengenai Bumi, mungkin akan merugikan perekonomian dunia US$2,6 triliun. (*/inilah)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox