atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

5 Tips Mudah Amankan Komputer dari Ancaman

By Atjehcyber.net on 3/07/2014 | 10.30


Semakin tinggi peradaban dan teknologi manusia, semakin tinggi pula ancaman yang bermunculan. Hal itu berlaku juga pada lingkup komputer.

Di dalam dunia komputer, tentu saja ancaman seperti virus, malware sampai dengan aksi peretasan menjadi hal-hal yang perlu diwaspadai sekarang ini.

Untuk itu, ada beberapa cara efektif dan terhitung mudah untuk menjaga PC atau laptop Anda dari berbagai ancaman dan serangan.

Berikut tips dan trick mudah tersebut.

1. Gunakan Firewall
Bila PC atau laptop Anda terhubung dengan internet, maka salah satu hal yang wajib digunakan adalah menggunakan firewall. Dengan firewall, maka serangan dan ancaman dapat diminimalisir.

Untuk pengguna Windows, Microsoft sudah mengikutsertakan firewall bawaan asli operating system besutan mereka tersebut. Namun, bagi yang ingin lebih aman, dapat menggunakan firewall besutan perusahaan lainnya, seperti contohnya Comodo Firewall atau lainnya.

2. Gunakan antivirus
Tentu saja sebagai penangkal virus dan malware jahat, antivirus adalah salah satu jawabannya selain menggunakan proteksi lain seperti deep freeze atau sejenisnya.

Disarankan apabila menggunakan antivirus untuk selalu memberikan update agar list virus-virus baru juga dapat terdeteksi oleh antivirus yang Anda gunakan.

3. Update sistem software
Secara pasti, semua software pasti membutuhkan update terbaru untuk menjaga dari serangan dan juga untuk memperbaiki atau membenahi beberapa sistem lama dan menambahkan hal-hal baru lainnya.

Pastinya, semua pengembang operating system seperti Microsoft sampai dengan Apple juga selalu memberikan update untuk OS besutan mereka agar penggunanya selalu merasa aman dan nyaman ketika menggunakannya.

4. Menggunakan password yang aman
Dalam penggunaan password, disarankan untuk membuat password yang benar-benar rumit namun tetap dapat diingat oleh sang pemilik. Gunakan kombinasi angka dan huruf serta huruf kapital.

Disarankan pula untuk tidak membuat password kurang dari 5, karena ada berbagai macam cara untuk dapat menggenerasi sebuah password seperti contohnya dengan menggunakan teknik Bruteforce.

Selain menggunakan kombinasi untuk kata kunci itu, disarankan pula untuk selalu mengganti password tersebut setidaknya satu bulan sekali.

5. Selalu waspada
Harap selalu bijak dan waspada dalam melakukan aktivitas, apalagi apabila terhubung dengan internet. Seperti sebuah ungkapan lama, "Tidak ada kata aman di internet," maka hal tersebut adalah sebuah peringatan untuk siapa saja agar waspada ketika sedang terhubung dengan dunia maya.

Jangan menelusuri atau mengakses situs-situs yang tidak memiliki kredibilitas atau terpercaya, tidak mengunduh software atau aplikasi dari tempat-tempat yang aneh dan selalu membaca setiap penjelasan yang ada. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox