atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Angkatan Laut AS Siapkan The Pinger Locator

By Atjehcyber.net on 3/25/2014 | 00.50


KUALA LUMPUR - Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) dikabarkan sudah mempersiapkan untuk mengirim pelacak kotak hitam. Persiapan dilakukan setelah Perdana Menteri Malaysia Najib Razak memastikan pesawat Malaysia Airlines jatuh di Samudera Hindia.

"Sebagai langkah persiapan bila puing (Malaysia Airlines MH370) berhasil dideteksi, pihak Komando Pasifik Angkatan Laut AS untuk mengerahkan pelacak kotak hitam. Pelacak ini akan dibawa oleh Armada Pasifik AS," pernyataan pihak AL AS, seperti dikutip Air Traffic Management, Senin (24/3/2014).

Pelacak yang disebut "The Pinger Locator" ini akan ditarik di belakang kapal dalam kecepatan rendah dan tergantung kedalaman laut. Pelacak tersebut membawa peralatan pendengar untuk mendeteksi sinyal yang secara otomatis mentransmisikan sinyal akustis.

"Pinger Locator memiliki tingkat sensitifitas tinggi hingga bisa mendeteksi keberadaan puing. Kami bisa mendengar sinyal kotak hitam hingga kedalaman sekira 20 ribu kaki," tutur Komandan Armada Ketujuh AS, Chris Budde.

"Pada dasarnya, alat super sensitif ini ditarik di belakang kapal dalam kecepatan rendah dan mencari sinyal kotak hitam," lanjut Budde.

Sinyal darurat dari pesawat komersial dipasang di rekaman data penerbangan. Penemuan kotak hitam sangat penting untuk menyelidiki sebuah kecelakaan. Bila puing pesawat ditemukan, sinyat akustik akan ditransmisikan melalui kabel dan dibaca secara audio serta hasilnya bisa dibaca melalui komputer. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox