atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

Apa manfaat Facebook berkantor di Indonesia

By Atjehcyber.net on 3/22/2014 | 07.30


Facebook menjawab permintaan regulator dan komunitas TI dengan membuka kantornya di Indonesia.

Pembukaan kantor Facebook di Indonesia disambut baik komunitas TI dari kalangan Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Ketua Bidang Keamanan APJII Irvan Nasrun mengatakan dibukanya kantor Facebook di Indonesia akan memudahkan koordinasi apabila ada kejahatan menggunakan jejaring sosial tersebut.

"Konten Facebook tentunya tak boleh melanggar aturan di indonesia, misalnya konten yang melanggar SARA, pornografi, dan perjudian harus dihapus, seperti kita lihat sekarang, gambar-gambar dii FB banyak yang tidak etis," tuturnya kepada merdeka.com, Jumat (21/3).

Harapan lainnya, tambah Irvan, setelah kantor Facebook dibuka di Indonesia, perusahaan milik Mark Zuckenberg itu mau menempatkan servernya, bukan sekedar cache.

Secara terpisah, Ketua Bidang Manufaktur Mastel Rudi Rusdiah mengungkapkan pembukaan kantor FB di Indonesia mendatangkan manfaat bagi masyarakat, regulator, dan Facebook sendiri.

"Untuk masyarakat RI, bisa lebih mudah meminta support, karena lebih dekat dan lebih membantu lokalisasi konten. Untuk regulator, mudah kalau ada pelanggaran content abuse, karena territory UU ITE dan turunannya," tuturnya.

Facebook juga bisa memetik manfaat yang besar, diantaranya bisa lebih hemat bandwidth karena tak perlu pakai bandwidth internasional, cukup pakai bandwidth nasional. "Programmer kita juga lebih murah," tambahnya.

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox