atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Awas, Virus dengan Iming-Iming Gambar Porno Marak di Email

By Atjehcyber.net on 3/25/2014 | 15.00


Berbagai cara dan upaya untuk meginveksi komputer dari serangan malware bisa dilakukan siapapun. Bahkan, malware berbahaya pada spam yang seolah berasal dari perempuan yang mencari teman baru untuk hari Valentine, baru saja terjadi.

Dalam penelitian Kaspersky seperti yang dikutip Okezone, Selasa (25/3/2014) bahwa beberapa pelaku bahkan beraksi lebih jauh dengan mencoba menggaet calon korban melalui iming-iming foto vulgar dalam file arsip yang dilampirkan di pesan email. Spam Februari juga melihat banyak email massal berbahaya konvensional yang meniru notifikasi palsu dari situs jejaring sosial ternama termasuk Facebook.

Spam berbahaya bertema cinta pada Februari lalu didominasi oleh Trojan karena email massal para pelaku menyasar pengguna awam dengan Trojan-Dropper. Trojan tersebut menginstal dua program berbahaya ke sistem.

Program pertama adalah spyware yang mencuri seluruh file dokumen (*.Docx,*.Xlxs,*.Pdf) dari komputer dan mengirim file tersebut ke mailbox khusus. Program kedua adalah IRC-bot/worm yang dikenal dengan nama ShitStorm yang bisa melakukan serangan DDoS dan menyebarkan diri melalui layanan MSN dan P2P.

Jika penerima menanggapi email semacam ini, komputer mereka akan dengan mudah menjadi bagian dari botnet. Selain Trojan spyware, spam berbahaya bulan Februari juga mencakup ransomware, sejenis malware yang memblokir komputer pengguna dan meminta tebusan untuk membuka pemblokiran.

Foto vulgar di atas adalah program-program berbahaya dan salah satunya adalah backdoor Andromeda yang memungkinkan penjahat cyber secara diam-diam mengontrol komputer yang terinfeksi.

Ada pula program berbahaya yang meniru notifikasi palsu dari situs jejaring sosial ternama. Misalnya pesan-pesan yang seolah dikirim oleh Facebook yang memberitahu pengguna bahwa news feed teman mereka berisi banyak berita baru dan mereka akan digiring untuk langsung membuka file terlampir untuk tahu berita-berita tersebut. File tersebut berisi backdoor dari keluarga Andromeda di atas.

Sementara itu, para pelaku penipuan (scam) ‘Nigeria’ mengambil kesempatan dengan memanfaatkan situasi di Ukraina dan kejadian tragis di sana untuk mendapatkan uang pengguna. Para pelaku mengutip cerita mengenai wisatawan malang di Kiev yang seluruh uangnya dicuri kemudian meminta calon korban untuk membantu masalah keuangan turis malang itu. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox