atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

"Ayam dari Neraka" ?

By Atjehcyber.net on 3/24/2014 | 05.00


Pastinya, hewan-hewan di era dinosaurus silam sangatlah berbeda dengan binatang yang ada sekarang ini. Namun dari hewan-hewan itu, dipercaya ada beberapa di antaranya yang menjadi nenek moyang dari binatang yang hidup sekarang.

Sekitar 66 juta tahun lalu, ada seekor dinosaurus yang memiliki tinggi sekitar 3 meter dengan berat sekitar 286 kilogram. Dinosaurus yang dijuluki "Ayam dari Neraka" ini memiliki tangan yang di bagian sisi luarnya terdapat bulu sejenis sayap.

Sayap-sayap itu juga terdapat di ekornya yang panjang. Tidak hanya itu, kakinya juga mirip dengan kaki ayam yang hidup sekarang ini. Menurut para arkeolog, dinosaurus yang memiliki nama resmi Anzu wyliei ini juga memiliki cakar, paruh serta ekor yang kuat dan tubuh yang dipenuhi dengan bulu.

Seperti dikutip dari Daily Mail (19/03), para paleontolog dari University of Utah berhasil temukan beberapa tulangnya di sebuah batu di utara dan selatan Dakota.

Emma Schachner, seorang biology postdoctoral menjelaskan, "Hewan ini adalah sejenis raptor dalam ukuran besar tapi memiliki bentuk kepala dan juga memiliki bulu mirip seperti ayam."

Nama Anzu sendiri diambil dari mitologi kuno yang berarti burung iblis. Walaupun diperkirakan adalah tipe petarung, namun dinosaurus ini adalah omnivora.

Anzu wyliei ini diperkirakan memakan tanaman, hewan-hewan kecil dan mungkin juga telur. Akan tetapi, keberadaan tanduk keras dan ekor serta cakar yang kuat itu berfungsi untuk melindungi diri dari para predator yang lebih besar. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox