atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

China: Amerika, Jangan Mata-matai Kami!

By Atjehcyber.net on 3/25/2014 | 17.30


Adanya laporan NSA menyadap Huawei melalui backdoor membuat pemerintah China berang. Negeri tirai bambu tersebut dengan jelas kemudian meminta Amerika tak lagi menguntit perusahaan asal China.

Seperti yang dilansir The Verge (24/3), seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China menyatakan bahwa negaranya sangat prihatin dengan adanya laporan seperti itu. China pun berupaya untuk meminta klarifikasi dari Amerika Serikat mengenai hal tersebut.

"Kami selalu percaya bahwa internet harus digunakan untuk perkembangan sosial ekonomi sebuah negara, bukannya untuk penyadapan dan pengawasan," kata Hong Lei, juru bicara Kemenlu China seperti dikutip dari The News York Times.

Di lain pihak, China sendiri bukannya pihak yang bersih dari dosa. Negeri Panda tersebut juga ditengarai melakukan serangan cyber ke banyak perusahaan privat Amerika Serikat lewat hacker-hackernya.

Saat ini sendiri, Presiden China, Xi Jinping sudah berbicara banyak dengan Barack Obama. Isinya tentu saja untuk menjernihkan ketegangan di antara kedua negara terkait masalah di dunia maya tersebut. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox