atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

China Luncurkan 'Bus' Luar Angkasa

By Atjehcyber.net on 3/06/2014 | 21.30


BEIJING - Badan antariksa China kabarnya akan meluncurkan pesawat ulang-alik khusus, Yuanzheng-1 (Expedition-1). Pesawat ini bisa membawa muatan untuk mendukung misi di luar angkasa.

Disebut bis, karena Yuanzheng-1 akan dapat berfungsi seperti roket pengangkut dan bisa membawa beberapa pesawat ke lokasi yang berbeda-beda di luar angkasa. Liang Xiaohong, Party Secretary of the China Academy of Launch Vehicle Technology mengungkapkan, Yuanzheng-1 bisa melaju dengan roket dan memiliki sistem pembangkit energi sendiri.

Sehingga, ketika sampai di luar angkasa, pesawat ini bisa menjalankan beberapa misi dan beroperasi sekira 6,5 jam di orbitnya. Dilansir Xinhuanet, Selasa (4/3/2014), Yuanzheng-1 akan memainkan peranan penting dalam eksplorasi Bulan dan Mars masa depan.

China mengembangkan beberapa pesawat jenis 'upper stage' ini dengan propelan padat (bahan yang dapat menggerakkan) sejak 1980an. Pesawat buatan China ini kabarnya telah berhasil menjalani sepuluh kali penerbangan.

Kemajuan misi antariksa Negeri Tirai Bambu ini juga semakin terlihat setelah peluncuran robot 'Jade Rabbit' ke Bulan. Robot ini didesain untuk dapat menjelajah permukaan Bulan menggunakan enam buah roda. Jade Rabit mencari informasi mengenai sumber daya alami dan mengirimkan data dari Bulan ke Bumi.

Akan tetapi, pada pertengahan Februari 2014, robot ini kabarnya terancam gagal lantaran terjadi gangguan pada sistem komunikasi. Xinhua News Agency mengungkapkan, juru bicara program robot bulan China, Pei Zhaoyu menyatakan robot bisa bertahan hidup dari kondisi dingin di Bulan. (*/okz)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox