atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home / /

Empat Langkah Lindungi Identiitas Kita Saat "Online"

By Atjehcyber.net on 3/25/2014 | 10.30


Saat ini, internet menjadi sebuah kebutuhan yang tak terelakkan dari dunia modern. Banyak kemudahan yang difasilitasi oleh internet tak jarang menjadi semacam candu yang membuat orang ketergantungan.

Dalam perjalanannya, internet memiliki banyak dampak positif yang bisa diambil. Namun, Anda juga tidak boleh menutup mata akan dampak negatif yang bisa hadir ketika berinternet. Karenanya, menjaga diri dari penyalahgunaan internet menjadi sangat penting, salah satunya dalam bentuk menjaga identitas diri.

Berikut adalah empat langkah yang harus dilakukan untuk melindungi identitas saat berinternet.

1. Jangan memberi informasi yang berlebihan di situs jejaring sosial

Batasi jumlah informasi yang Anda bagikan di situs jejaring sosial. Memang, ada banyak orang di internet yang ingin berteman dengan Anda, namun banyak pula orang di internet yang memiliki niat jahat kepada Anda.

Cukup seputar informasi yang dibutuhkan saat membuat akun. Selain itu, Anda juga harus selalu menyembunyikan ID email utama yang Anda gunakan untuk Facebook, Twitter, atau situs lainnya. Menyembunyikan ID email yang Anda gunakan untuk situs tertentu pasti akan membuat pekerjaan hacker jauh lebih sulit.

2. Menjaga password Anda tetap kuat

Buatlah password Anda berdasarkan kombinasi huruf dan angka. Password yang panjang dan rumit tidak dapat dengan mudah di-hack. Anda juga bisa mengombinasikan huruf dan angka dengan menggunakan beberapa huruf besar atau huruf kecil.

Kebanyakan orang cenderung untuk membuat password sesuai dengan ulang tahun mereka, tanggal peringatan, nama anak-anak mereka, atau hanya menggunakan kata "password" agar mudah diingat. Namun, jenis password ini umumnya mudah retak. Jadi, usahakan untuk membuat password yang lebih kompleks demi keamanan.

3. Gunakan beberapa password

Jangan membuat kesalahan dengan menggunakan satu password untuk mengakses semua akun Anda. Sebab, jika satu akun Anda berhasil diretas, maka hacker juga akan mendapatkan akses ke seluruh akun Anda. Selain itu, jangan menghubungkan berbagai rekening Anda satu sama lain. Ini akan membuka gerbang gratis untuk hacker.

Adapun solusi sederhana untuk menjaga semua password Anda aman adalah dengan menggunakan perangkat lunak seperti LastPass atau 1Password yang bertindak seperti sebuah kunci master untuk semua password Anda.

4. Menangkal hacker dengan firewall

Firewall adalah pilihan yang baik untuk menangkal hacker yang ingin menembus sistem pertahanan internet. Firewall mendeteksi konten berbahaya dan segera menciptakan dinding pelindung sebelum orang dapat menembus daftar pribadi di komputer Anda. (*/ng-id)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox