atjehcyber menubar

atjehcyber tickhead

atjehcyber thumbkanan

atjehcyber stick

#TAGatjehcyber Home /

Google Play Sudah tak Aman!

By Atjehcyber.net on 3/11/2014 | 03.48


Masalah malware untuk perangkat Android memang seperti tiada habisnya. Kembali satu malware berbahaya terdeteksi untuk dapat mencuri data-data penting yang ada di smartphone Android.

Sebuah malware yang diberi nama Remote Administration Tool atau disingkat RAT ditemukan. Malware ini bertugas untuk menginfeksi perangkat dan mencuri foto, pesan teks (SMS atau chatting), menggandakan audio dan video, merekam pembicaraan, mengunduh history browser, mencuri ID dan password email, Facebook serta account VPN.

Dikutip dari Apple Insider (07/03), RAT ini juga mampu mengelabuhi sistem keamanan atau proses scanning di Google Play. Setelah masuk ke Google Play, RAT akan menginfeksi aplikasi di dalam 'toko online' Google itu dan diunduh oleh pengguna perangkat Android.

Tidak hanya itu saja, malware yang memiliki nama awal Dendroid ini juga dapat mendistribusikan serangan massal atau Denial of Service (DoS).

"Para cybercriminal selalu berusaha secantik mungkin serta mengikuti cara kerja virus yang diciptakan untuk Windows," jelas Bogdan Botezatu, seorang senior analisis di Bitdefender.

Oleh karenanya, sangat diharapkan untuk benar-benar melakukan pengechekan dan tidak gegabah dalam mengunduh sebuah file baik di Google Play atau juga di tempat lain. (*/mdk)

KOMENTAR
DISCLAIMER: Komentar yang tampil menjadi tanggungjawab sepenuhnya pengirim, bukan merupakan pendapat atau kebijakan redaksi ATJEHCYBER. Redaksi berhak menghapuskan dan atau menutup akses bagi pengirim komentar yang dianggap tidak etis, berisi fitnah, atau diskriminasi suku, agama, ras dan antargolongan.

atjehcyber com bigbox